Home - Bayi - Perawatan Bayi / 18 September 2018 / Redaksi

Tips Jadikan Rambut Bayi Tebal dan Sehat secara Alami

Moms, pasti tahu ada seorang bayi yang memiliki rambut yang sangat tebal. Namun kondisi ini tidak terlihat terjadi pada bayi Anda yang memiliki rambut cenderung tipis. Meski sudah dicukur sampai dua kali, mengolesi kepalanya dengan losion kemiri, rambutnya tak kunjung menebal.

 

Nyatanya, kondisi rambut bayi yang tebal atau tipis ini sangat dipengaruhi oleh faktor genetis, suku, dan ras kedua orang tua. Anak-anak yang lahir dari orang tua yang berambut tebal, rambutnya pun akan menebal.



 

Tetapi, jika riwayat keluarga Anda memiliki rambut yang tipis, tidak perlu khawatir. Dengan bertambahnya usia, maka jumlah rambut Si Kecil pun akan bertambah banyak. Agar rambut Si Kecil tebal, Anda bisa berikan nutrisi yang seimbang.

 

Gunakan produk yang aman untuk menebalkan rambut bayi dan yang terpenting, jaga kebersihan rambutnya. Penggunaan hair lotion tidak membuat rambut lebih tebal, tetapi lebih kuat. Jangan menggunduli kepala Si Kecil, sebab dapat membuat kulit kepalanya menjadi kering dan kehilangan pelindungnya.

Hanna Hollins, bayi dengan rambut yang tebal dan sehat

Selain itu, ada beberapa tips lain yang bisa Anda lakukan untuk menebalkan rambut Si Kecil. Simak yuk, Moms:

• Pemberian asupan gizi yang cukup dapat membantu membuat rambut Si Kecil tebal dan sehat. Jika ia sudah menerima MPASI, Anda bisa secara khusus memberikan makanan yang mengandung vitamin B, C, dan E. Berbagai vitamin ini dapat menjaga kesehatan rambut.



Selain itu, makanan juga mengandung zat besi yang harus dikonsumsi antara 7-10 mg untuk mencegah kerontokan. Namun, jika Si Kecil masih menerima ASI eksklusif, berbagai vitamin dan nutrisi lainnya bisa Moms konsumsi agar juga bisa diserap oleh bayi.

 

• Bayi yang baru lahir memang memiliki kulit kepala yang terkadang terlihat kotor dan kering. Hal ini dapat juga menimbulkan endapan putih seperti ketombe pada bayi. Kondisi tersebut ternyata dipengaruhi oleh hormon dan berbagai jenis cairan selama bayi tumbuh dalam rahim.

Yang terpenting untuk dilakukan adalah menjaga agar kulit kepala bayi tidak terlalu kering, tidak berminyak, dan bersih. Hal ini akan mengurangi risiko rambut mudah rontok dan bayi juga tidak merasa gatal. Untuk itu, Anda bisa menggunakan sampo khusus untuk Si Kecil.

 

Hair lotion berfungsi untuk memberikan kelembapan alami pada rambut dan kulit kepala bayi. Jadi rambutnya dapat tumbuh dengan lebih tebal, hitam, bercahaya, dan lembut. Rambut Si Kecil pun akan mudah untuk disisir dan tidak cepat kusut.

 

• Memberikan minyak kemiri juga dapat dilakukan dan dioleskan di bagian rambut bayi. Berikan sambil memijat kulit kepala bayi dengan perlahan. Hal tersebut akan menstimulasi peredaran darah di kulit kepala dan menyehatkan akar rambut Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Penyebab Mata Merah pada Bayi

Bahaya Air Putih dapat Picu Diare pada Bayi

Sudah Imunisasi Campak, Bisakah Anak Kena Campak?

OTHER ARTICLES

Moms, Ini Cara Membuat Anak Menjadi Si Happy Eater

Postnatal Anxiety, Takut Berlebih Ibu Baru pada Bayinya

Saat Anak Tidak Mau Lepas dari Ibunya, Mesti Bagaimana?

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bagaimana Mengatasi Perbedaan Pandangan soal Anak?