Home - Bayi - Perawatan Bayi / 10 September 2018 / Redaksi

Sudah Imunisasi Campak, Bisakah Anak Kena Campak?

Penyakit yang diakibatkan virus tak henti menghantui bayi dan balita. Salah satunya adalah campak yang gampang menular. Campak yang juga kita kenal dengan istilah tampek, morbili, atau measles ini adalah penyakit infeksi pada anak yang disebabkan oleh virus. Penyakit yang biasanya muncul pada masa pancaroba ini jarang menyerang bayi di bawah usia 5 bulan. Karena pada usia tersebut, bayi masih mewarisi kekebalan dari ibunya, kecuali jika ibunya belum pernah menderita penyakit ini.

 

Pencegahan penyakit campak bisa dilakukan dengan pemberian imunisasi, yakni vaksin campak atau vaksin MMR (Mumps, Measles and Rubella). vaksinasi campak direkomendasikan diberikan pada saat anak ia berusia 9 bulan.

 

Mesipun begitu, jika Si Kecil telah mendapatkan imunisasi campak, tidak tertutup kemungkinan ia terkena campak lagi di kemudian hari.

 

Menurut dr. Rouli Nababan, Sp.A, imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang telah dilemahkan) ke dalam tubuh untuk menciptakan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Imunisasi tidak menjamin anak 100 persen terhindar dari penyakit, seperti halnya anak yang terkena campak walaupun ia sudah diimunisasi campak sebelumnya.

 

Namun setidaknya, dengan imunisasi campak yang pernah ia dapatkan saat Si Kecil berusia 9 bulan, penyakit campak yang diderita menjadi lebih ringan. Berkat imunisasi, Si Kecil juga terhindar dari komplikasi penyakit campak yang membahayakan jiwa. Komplikasi yang dapat timbul dari penyakit ini antara lain adalah radang paru-paru, gangguan pencernaan, dan radang otak.

 

Jangan lupa berikan Si Kecil imunisasi lanjutan MMR saat ia berusia 5 tahun (imunisasi MMR pertama dilakukan saat bayi berusia 15 bulan). (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Kulit Sehat, Bayi pun Merasa Nyaman

Kenali Fimosis pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Pertolongan Pertama saat Bayi Terluka



OTHER ARTICLES

Trik Ajak Anak Menonton Film di Bioskop

5 Karakter Tidur Bayi Baru yang Mesti Anda Pahami

Bahaya Risiko Obesitas Karena Kurang Tidur pada Anak

Hati-Hati, Pepes bisa Kurangi Gizi pada Ikan!

Mengenal dan Mengatasi Penyakit Kuning pada Bayi