Mother&Baby Indonesia
Hewan Ini Selamatkan Nyawa Seorang Bayi

Hewan Ini Selamatkan Nyawa Seorang Bayi

Memiliki hewan peliharaan di rumah tidak selalu buruk, Moms. Mereka bisa menjadi pahlawan saat kita sedang tidak berada di dekat Si Kecil. Hal ini terjadi pada sebuah keluarga di Dartford, Kent, Amerika Serikat.

 

Shannon Weeks, seorang ibu berusia 23 tahun tersentak setelah Louie, nama anjing jenis Cavalier King Charles Spaniel milik ibunya yang sedang ada di rumahnya, menyalak kencang. Louie menggonggong dengan sangat kencang sambil berlarian untuk memberitahu bahwa putri Shannon, Chloe Showell, tersedak.



Shannon Weeks (23) bersama Chloe Showell (1) dan Anjing Louie

Saat Chloe yang berumur satu tahun itu tertidur, ia tiba-tiba terbangun karena tersedak oleh muntahannya sendiri. Shannon pun langsung berlari ke kamar setelah melihat tingkah sang anjing menghampiri anaknya. Saat itu, Chloe sudah terlihat pucat dan wajahnya menghadap ke bawah.

 

"Louie terus menggonggong dan menggonggong, padahal ia jarang melakukan itu, jadi aku tidak tahu harus berbuat apa. Ia berlari masuk dan keluar kamar Chloe. Aku merasa ada sesuatu yang salah. Aku melihatnya di luar kamar Chloe. Chloe muntah dan tersedak muntahannya sendiri," ujar Shannon.

 

Dengan cepat, ibu dari dua anak ini pun langsung menggendong Chloe dan menepuk-nepuk punggungnya. Situasi panik ini sempat membangunkan anak balitanya yang langsung menghampiri ibu dan adiknya. Sementara itu, Louie masih merintih seperti menunjukkan rasa empatinya di luar kamar tidur.

 

“Para dokter mengatakan, kalau bukan karena Louie dan aku tidak ada di sana, mungkin saja Chloe tidak selamat,” cerita Shannon, dilansir Dailymail. Keluarga ini pun sangat berterima kasih dan menganggap keberadaan Louie sebagai pahlawan di rumah itu.

 

Pasca peristiwa tersebut, Shannon dan suami, Tom (24), membawa Chloe ke Rumah Sakit Darent Valley untuk menjalani pengobatan. Situasi heroik ini ternyata mendekatkan Chloe dan anjing peliharaannya yang berusia empat tahun. “Awalnya Chloe takut pada Louie, tapi sekarang mereka tidak terpisahkan,” tambah Shannon.



 

Kisah di atas menggambarkan bahwa memiliki hewan perliharaan bisa menjadi momen yang menyenangkan. Memiliki anjing, kucing, atau hewan lainnya untuk dipelihara di rumah juga memberikan beberapa manfaat, di antaranya:

• Mengajarkan anak tanggung jawab

Memiliki hewan peliharaan dapat menjadi sarana Anda untuk membuat Si Kecil belajar tentang tanggung jawab. Ajak ia saat hendak memberi makan, memandikan, atau mengajak main hewan peliharaan. Rasa tanggung jawab ini dapat timbul ketika ia rutin melakukan kegiatan tersebut dengan pendampingan orang tuanya.

• Anak Mengenal Kasih Sayang dan Kepedulian

Perlakuan Si Kecil kepada hewan peliharaan akan menimbulkan rasa kasih sayang dan peduli. Kedua perasaan tersebut tidak tumbuh secara tiba-tiba. Jika sejak kecil anak diajarkan membagikan rasa sayangnya pada hewan peliharaan, mereka pun akan mampu menunjukkan rasa sayangnya pada keluarga dan teman-temannya.

• Anak Lebih Percaya Diri

Rasa nyaman dalam suatu situasi dapat menimbulkan rasa percaya diri seseorang. Ini yang bisa Si Kecil dapat dari hewan peliharaan, yang mencintai mereka tanpa imbalan. Anak bisa mengajak hewan bermain dengan menyenangkan sehingga ia tidak merasa kesepian.

• Imun Anak Lebih Kuat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan di rumah dapat menjaga imun anak lebih kuat. Ini disebabkan adanya mikroba baik yang masuk dalam tubuh Si Kecil dan menurunkan risiko alergi. Namun yang terpenting, tetap menjaga kebersihan hewan sehingga mikroba yang terpapar ke anak juga baik. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, Dailymail-Steven Finn)



Tags: bayi,   anak,   hewan peliharaan








Cover Maret 2020