Mother&Baby Indonesia
Tips Mudah Menyusui Newborn

Tips Mudah Menyusui Newborn

Bayi selalu menyusu, menyusu, dan menyusu. Meskipun secara natural tubuh Moms memproduksi ASI yang cukup untuk bayi Anda yang baru lahir, saat-saat awal menyusui umumnya tetap terasa begitu berat. Ada banyak hambatan dan masalah yang akan Moms rasakan kala masa-masa pertama kali menyusui newborn. Anda mungkin harus menghadapi puting yang lecet atau mengalami kesulitan saat melakukan pelekatan. Untuk itu, Moms perlu atasi dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.

 

Perluas Wawasan



Wanita dengan pengetahuan luas mengenai menyusui memiliki keberhasilan lebih tinggi dalam pemberian ASI aksklusif. “Karenanya, perluas wawasan tentang ASI dan menyusui jauh sebelum Anda melahirkan,” ungkap Stacey Brosnan, konsultan laktasi di Southampton, Inggris. Anda bisa mendapatkan pengetahuan tersebut dari teman yang sudah berpengalaman dalam menyusui, bertanya pada ahli laktasi, atau bergabung dalam komunitas peduli ASI.

 

Manfaatkan fasilitas Rumah Sakit

Jangan ragu untuk memanfaatkan semua orang dan fasilitas yang ada di rumah sakit untuk mendukung Anda dalam pemberian ASI buat newborn, Moms. Minta suster untuk mendampingi saat Anda menyusui newborn dan tanyakan segala hal yang ingin diketahui mengenai pemberian ASI. Anda juga bisa ikuti kelas laktasi jika rumah sakit menyediakan fasilitasnya.

 



Persiapan Diri

Ketika sudah berada di rumah, Anda akan disibukkan dengan mengurus newborn. Namun jangan lupa untuk menyamankan diri terlebih dahulu. Sediakan segelas air dan buku atau majalah di samping Anda untuk mengisi waktu saat menemani newborn tidur. Dan jangan lupa buang air kecil sebelum menyusuinya, karena kegiatan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Kenyamanan yang Anda rasakan tentu akan memberikan pengaruh baik pada newborn dan membuatnya lebih tenang.

 

Kompres

Apabila payudara Anda bengkak, jangan panik! Coba kompres dengan kain hangat untuk menyamankannya. Rasa hangat itu juga akan melancarkan keluarnya ASI. Namun kalau payudara Anda terasa nyeri setelah menyusui newborn, coba kompres dengan air dingin untuk meredakan sakitnya. Gunakan pula alat-alat yang dapat menyamankan tubuh Anda, seperti bantal menyusui. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   menyusui,   asi