Mother&Baby Indonesia
Tips Menenangkan Newborn

Tips Menenangkan Newborn

Mengandung dan melahirkan bayi tentu menjadi anugerah terindah setiap ibu. Namun, Anda juga harus menerima berbagai tantangan saat merawat dan mengasuh si newborn. Saat masih di rumah sakit, Anda mungkin belum begitu merasakan tantangan dalam merawat Si Kecil, karena di sana masih ada suster atau dokter yang siap membantu jika terjadi sesuatu padanya.

 

Namun saat Anda dan suami telah kembali ke rumah, Anda berdua harus siap turun tangan sendiri dalam mengurus segala kebutuhan Si Kecil. Apalagi jika ternyata Anda berdua tidak memiliki bala bantuan dari orang tua, mertua, atau babysitter.



 

Jangan panik, Moms! Semua tantangan tersebut bisa Anda atasi, kok! Asalkan Anda memiliki strategi tepat untuk menghadapinya. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat 1 bulan pertama bersama si newborn terasa lebih mudah dan menyenangkan, terutama saat Anda berusaha menenangkannya saat ia rewel.

 

Anda mungkin merasa kesulitan memahami apa yang diinginkan si newborn ketika mendadak rewel di minggu-minggu pertamanya. Tidak perlu khawatir, Anda bisa menghadapinya dengan cara berikut ini, Moms.

 

Suasana dalam Rahim



“Kunci agar newborn tenang adalah membuatnya merasa seperti berada di dalam rahim. Anda bisa melakukannya dengan membuat suara 'ssshh... ssshh... ssshh...' dan mengayun si newborn. Semua itu sama baiknya dengan menyusui sambil menggendongnya,” ujar Harvey Karp, MD, penulis buku dan kreator video serta DVD The Happiest Baby on the Block.

 

Putarkan Musik

Lupakan sejenak pro-kontra yang mengatakan kalau musik bisa membuat bayi lebih pintar, karena yang pasti musik selalu berhasil membuatnya lebih tenang.

 

Beri Kehangatan

Jika si newborn masih terus rewel, coba usap tubuhnya dengan handuk hangat agar ia merasa nyaman. Anda juga bisa mengajaknya mandi bersama menggunakan air hangat agar tubuhnya nyaman dan relaks. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   newborn,   mengatasi bayi rewel,   menenangkan bayi










Cover April 2020