Mother&Baby Indonesia
Tips Mengajak Newborn Bepergian

Tips Mengajak Newborn Bepergian

Mengandung dan melahirkan bayi tentu menjadi anugerah terindah setiap ibu. Namun, Anda juga harus menerima berbagai tantangan saat merawat dan mengasuh si newborn. Saat masih di rumah sakit, Anda mungkin belum begitu merasakan tantangan dalam merawat Si Kecil, karena di sana masih ada suster atau dokter yang siap membantu jika terjadi sesuatu padanya.

 

Namun saat Anda dan suami telah kembali ke rumah, Anda berdua harus siap turun tangan sendiri dalam mengurus segala kebutuhan Si Kecil. Apalagi jika ternyata Anda berdua tidak memiliki bala bantuan dari orang tua, mertua, atau babysitter.



 

Jangan panik, Moms! Semua tantangan tersebut bisa Anda atasi, kok! Asalkan Anda memiliki strategi tepat untuk menghadapinya. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat 1 bulan pertama bersama si newborn terasa lebih mudah dan menyenangkan, terutama saat Anda hendak mengajaknya bepergian.

 

Bila Moms dan Dads ingin membawa si newborn pergi, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal berikut ini.

 

Tempat Nyaman

Anda mungkin bosan terus berada di rumah dan ingin berjalan-jalan bersama si newborn. Sebelum pergi, pastikan Anda memilih tempat yang nyaman dan aman untuknya, seperti toko buku atau kafe ramah anak. Sebaiknya hindari pergi ke tempat yang suasananya ramai dan penuh oleh orang-orang, seperti di mal, karena hanya akan membuat si newborn merasa kurang nyaman dan ia bisa rewel, Moms. Pilih juga tempat yang terjaga kesehatannya, hindari tempat yang terpapar asap rokok, sebab paparan asap rokoknya bisa terkena ke newborn.

 



Jangan Sendiri

Jika Anda ingin bepergian ke tempat umum bersama si newborn, usahakan untuk tidak sendiri. Ajaklah seseorang yang bisa membantu Anda mengurus dan memegangnya selama dalam perjalanan.

 

Popok dan Baju Ganti

Bawa selalu popok dan baju ganti untuk si newborn, sedekat apa pun perjalanan yang akan Anda tempuh dan sesingkat apa pun waktunya. Anda tidak akan bisa tahu, kapan ia membutuhkan popok dan baju ganti, kan?

 

Perjalanan Simpel

Usahakan untuk berdiam di satu tempat saja. Kalau terlalu banyak berpindah tempat, Anda pasti akan merasa kerepotan dan bayi pun menjadi tidak nyaman. Belum lagi energi yang Anda habiskan untuk berpindah tempat dari tempat yang satu ke tempat yang lain yang bisa berimbas pada fisik dan psikologis Anda nantinya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   newborn,   mengajak bayi bepergian








Cover Maret 2020