Mother&Baby Indonesia
Waspada, Mainan Bisa Jadi Sarana Penyebaran Influenza

Waspada, Mainan Bisa Jadi Sarana Penyebaran Influenza

Mainan anak bisa menjadi sarana penyebaran virus, terutama jika dimainkan bersama. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa virus bisa bertahan selama 24 jam pada mainan yang terpapar. Waktu tersebut cukup lama untuk membuat anak terkena dan terinfeksi.

 

Dilansir dari Dailymail, penelitian yang dilakukan pada mainan plastik menunjukkan virus influenza dapat bertahan selama 24 jam dengan tingkat kelembapan 60 persen. Sedangkan pada kelembapan ruangan yang mencapai 40 persen, virus tersebut tetap mampu bertahan hingga 10 jam.



 

Virus ini dapat bertahan lama, karena memiliki lapisan luar yang membantu virus untuk menginfeksi sel lainnya. Jadi, hasil penelitian ini menjadi bukti bahwa penyebaran virus tidak hanya dari orang-orang sekitar.

 

Kebersihan mainan Si Kecil juga patut dijaga untuk membuatnya lebih sehat, terutama saat dimainkan bersama atau mainan yang dipakai di sekolahnya. Lalu, bagaimana cara membersihkan mainan tersebut?

 

Ada berbagai cara sesuai dengan jenis mainan, seperti yang dijabarkan oleh The Asian Parent. Dengan begitu Anda bisa lebih cermat dalam melakukan pembersihan dan penyimpanannya, sebagai berikut:

 

• Peralatan Mandi

Saat mandi, orang tua umumnya memberikan mainan agar membuatnya lebih tenang saat dimandikan. Namun, mainan tersebut harus rajin dibersihkan, terutama karena bagian dalamnya kosong saja.



Caranya, Anda siapkan air dan cuka dalam mangkuk, lalu masukkan mainan seperti bebek karet hingga terendam seluruhnya. Diamkan semalaman, dan esoknya ambil mainan bilas dengan air bersih. Keringkan dengan menyimpanannya di wadah berjala agar kering seluruhnya.

 

• Boneka dan Mainan Lembut

Boneka atau mainan berbulu lembut masih menjadi favorit anak-anak. Namun, juga lebih berisiko menyimpan tungau dan bakteri lain jika hanya dibiarkan saja. Maka Anda perlu membersihkannya secara rutin, minimal 2 minggu sekali.

Caranya, masukkan boneka ke dalam plastik dan simpan di dalam freezer dalam satu malam. Kemudian, keluarkan boneka lalu cuci dengan mesin cuci, gunakan air panas jika memungkinkan. Ini akan mematikan tungau yang bisa meningkatkan risiko asma pada anak.

 

• Mainan Elektronik

Mainan seperti robot atau gadget juga paling dicintai anak laki-laki maupun perempuan. Dan cara membersihkannya agar tetap higienis juga cukup mudah. Gunakan lap basah yang diberikan antiseptik, lalu lap mainan tersebut.

Ini akan menghindarkannya dari debu dan bakteri, juga sisa makanan yang menempel jika digunakan untuk menenangkan Si Kecil saat ia makan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   kesehatan,   mainan anak