Mother&Baby Indonesia
Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Terlambat Imunisasi?

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Terlambat Imunisasi?

Setiap anak perlu mendapatkan imunisasi, tujuannya adalah untuk membuat daya tahan tubuhnya lebih kuat dan tidak rentan terkena penyakit berbahaya. Efek samping jika terlambat membawa Si Kecil untuk imunisasi pun menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan orang tua.

 

Sebenarnya, untuk imunisasi tidak pernah ada kata terlambat. Dr. Rouli Nababan, Sp. A, dari KiddieCare Center, Jakarta, menjelaskan apabila Anda menyadari Si Kecil telah terlambat diimunisasi, segera kejar dan lengkapi imunisasinya.



 

Ini akan membantu tumbuh kembang Si Kecil lebih baik, dan tentunya menjadi lebih kuat untuk melawan penyakit. Yang menjadi masalah adalah bila imunisasi tidak lengkap. Ketika imunisasi yang diberikan tidak lengkap, kekebalan dalam mencegah suatu penyakit akan berkurang.

 



Jika kondisi ini terjadi, maka risiko Si Kecil untuk tertular penyakit semakin besar. Sangat penting untuk melengkapi imunisasi anak sesuai jadwalnya. Sebab, masing-masing penyakit memiliki angka kejadian yang berbeda untuk setiap umur.

 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk segera menghubungi dokter anak Anda bila masih ragu apakah imunisasi Si Kecil sudah lengkap atau belum. Dan pastikan agar ia mendapatkan imunisasi yang lengkap, sesuai dengan usia yang dianjurkan, mulai dari 0 bulan sampai tumbuh dewasa, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   balita,   imunisasi








Cover Januari - Februari 2020