Home - Balita - Perawatan Balita / 11 September 2018 / Redaksi

Cegah Penyakit Gondong pada Anak

Penyakit gondong (mumps) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menyebabkan bengkak dan rasa sakit pada kelenjar parotis yang terletak antara telinga dan rahang. Kelenjar parotis merupakan 1 dari 3 pasang kelenjar yang memproduksi saliva (air liur).

 

Gejala

Gejala infeksi gondong baru muncul 2-3 minggu setelah Si Kecil terpapar virus. Ia akan mengalami demam, sakit kepala, mulut kering, hilang selera makan, lemah dan letih, merasa sakit saat mengunyah dan menelan, serta mengalami pembengkakan pada satu atau kedua bagian leher bagian atas atau pipi bagian bawah. Pembengkakan tersebut akan terjadi selama 2-3 hari.

 

Penyebab

Penyebab penyakit ini adalah virus gondong yang menyebar dengan mudah melalui air liur yang terinfeksi. Jika tidak dalam kondisi fit, Si Kecil dapat dengan mudah terinfeksi virus gondong melalui cairan yang keluar dari mulut, hidung, ataupun tenggorokan penderita yang bersin atau batuk. Ia juga dapat terinfeksi gondong dari berbagai peralatan makan dan minum milik penderita.

 

Penanganan

Sebenarnya, penyakit gondong bukanlah penyakit yang gawat bagi anak-anak. Ia akan sembuh dengan sendirinya. Pemberian obat dilakukan hanya untuk mengurangi rasa nyeri dan menurunkan demam. Anda dapat memberikan acetaminophen sebagai penghilang sakit. Gunakan kompres hangat atau dingin untuk meringankan rasa sakit pada bagian yang bengkak. Pilihlah makanan yang lunak untuk mengurangi rasa sakit Si Kecil saat mengunyah.

Moms juga disarankan untuk menghubungi dokter jika Si Kecil demam 39 derajat celsius atau lebih, kesulitan makan atau minum, nyeri perut, atau pada anak laki-laki, merasa sakit dan terjadi pembengkakan testis. Karena gondongan disebabkan oleh virus, pemberian antibiotik tidak efektif. Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan imunisasi MMR (Mumps, Measles, Rubella). (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

6 Tips Memilih Pakaian Nyaman untuk Anak

Waspada Hepatitis A yang bisa Sebabkan Anak Kejang

Cara Mengatasi Anak yang sedang Sesak Napas



OTHER ARTICLES

5 Karakter Tidur Bayi Baru yang Mesti Anda Pahami

Bahaya Risiko Obesitas Karena Kurang Tidur pada Anak

Hati-Hati, Pepes bisa Kurangi Gizi pada Ikan!

Mengenal dan Mengatasi Penyakit Kuning pada Bayi

Cara Mengajarkan Anak Mengenal Cuaca