Mother&Baby Indonesia
Cara Ampuh Biasakan Si Kecil Sikat Gigi

Cara Ampuh Biasakan Si Kecil Sikat Gigi

Gigi berlubang nampaknya menjadi masalah paling umum yang biasa dialami oleh Si Kecil. Biasanya hal ini disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung gula, dan tidak rutin menggosok gigi.

 

Menurut Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc, selaku Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia, untuk mencegah gigi berlubang selain rutin melakukan periksa gigi setiap 6 bulan sekali, Moms juga perlu memerhatikan komposisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi Si Kecil.



 

“Terutama gula, gula tersembunyi yang bahaya. Karena gula itu merupakan substrat yang akan diubah oleh bakteri atau mikroorganisme di dalam rongga mulut yang jumlahnya 20 miliar. Ketika dalam 24 jam tidak disikat itu bisa bertambah menjadi 5 kali lipat,” ujarnya.

 

Membiasakan Si Kecil untuk sikat gigi juga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah risiko gigi berlubang. Drg. Mirah pun membagikan tips untuk membiasakan anak sikat gigi sebagai berikut:

1. Memberi Contoh pada Si Kecil

Hal yang paling utama Moms harus mencontohkan. Tidak hanya menyuruhnya saja, tapi Anda juga menunjukan bahwa Anda juga sikat gigi.

2. Barengi dengan Aktifitas Lain

Mungkin Si Kecil akan bosan dengan suruhan untuk menyikat gigi. Agar ia mau sikat gigi, Moms bisa mengajaknya sikat gigi sambil menceritakan sebuah cerita atau sambil menyanyi riang.



3. Pilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi yang Tepat

Pilihlah Sikat Gigi khusus anak yang lembut dan memiliki gambar lucu sehingga membuat Si Kecil senang dan mau untuk sikat gigi. Pasta gigi yang memiliki rasa buah-buahan pun juga bisa menjadi pilihan.

4. Pilih Waktu yang Tepat

Jangan menyuruh Si Kecil untuk menyikat giginya ketika ia sudah sangat mengantuk. Usahakan melakukan hal tersebut sebelum mereka mengantuk. Jangan pula ketika ia sedang asyik main, Moms paksa untuk sikat gigi. Jangan lupa juga untuk biasakan ia untuk sikat gigi 2 kali sehari.

 

Sebenarnya sejak ia bayi, Moms sudah bisa membiasakan Si Kecil untuk sikat gigi, yaitu sejak gigi pertamanya tumbuh. Namun tentu tidak menggunakan sikat gigi, melainkan menggunakan kasa dan air hangat.

 

Caranya, lilitkan kasa pada jari telunjuk Anda, lalu celupkan pada air hangat, dan mulailah bersihkan gusi, gigi, dan lidah Si Kecil. Dengan cara ini, sisa-sisa susu yang ia minum yang terdapat gula tersembunyinya pun bisa dihilangkan. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: gigi,   kesehatan gigi,   sikat gigi,  










Cover April 2020