Home - Keluarga - Karier Ibu / 24 September 2018 / Redaksi

6 Tips untuk Kembalikan Energi Anda

Apakah saat ini Anda merasa jam kerja menjadi lebih lama? Anda pun lebih banyak menghadiri rapat bahkan menjawab e-mail sambil makan siang di meja kerja? Pantas saja setiba di rumah, energi Anda seperti terkuras habis.

 

Manusia tidak diciptakan untuk beroperasi seperti komputer, yang bekerja dengan kecepatan tinggi, terus-menerus, dan dalam jangka waktu lama. Kita dirancang untuk bekerja dengan waktu tertentu, dan sesekali beristirahat untuk memperbarui energi tubuh. Berikut ini 6 strategi yang bisa dilakukan untuk mengembalikan energi Anda:



1. Cukup Waktu Tidur

Beberapa orang percaya bahwa mengurangi 1 jam tidur dapat membuat kita lebih produktif. Namun pada kenyataannya, sedikit saja jam tidur kita berkurang, secara signifikan dapat mengurangi kualitas kita untuk fokus, berpikir secara analitis dan kreatif. Menurut penelitian, kita membutuhkan 7-8 jam tidur agar dapat sepenuhnya berisitirahat dan otak dapat bekerja kembali secara optimal.

2. Istirahat Sejenak Setiap 90 Menit

Cobalah untuk relaks sejenak. Pejamkan mata, tarik napas melalui hidung sampai hitungan ke-3, dan lepaskan melalui mulut secara perlahan hingga hitungan ke-6. Cara ini dapat menenangkan dan Anda pun akan merasa lebih santai.

3. Buat To Do List

Dengan mengetahui apa saja yang akan dan harus Anda lakukan, semakin sedikit energi yang dikeluarkan untuk hal-hal yang tidak perlu. Anda pun akan lebih bersemangat untuk melakukan hal lain yang lebih penting.



4. Berolahraga

Seringkali alasan tidak berolahraga secara teratur adalah “Saya tidak punya waktu”. Jika lari atau pergi ke gym terlalu memakan waktu, bagaimana dengan berjalan kaki selama 15-30 menit? Atau jika Anda berada di sebuah gedung perkantoran, cobalah untuk naik dan turun tangga.

5. Apresiasi

Berikan apresiasi untuk orang lain. Ungkapkan secara langsung atau dalam sebuah catatan. Anda akan memberikannya energi positif. Dan berbagi energi positif juga akan membuat Anda merasa lebih baik lho, Moms!

Berikan pula apresiasi pada diri sendiri. Luangkan sedikit waktu untuk menikmati kemenangan kecil. Cobalah untuk memaafkan diri sendiri saat Anda melakukan sebuah kesalahan.

6. Bebas dari Pekerjaan

Saat meninggalkan kantor, seringkali kita masih memikirkan bahkan membawa pekerjaan ke rumah. Cobalah untuk tidak melakukannya. Selesaikan pekerjaan Anda di kantor, dan pulanglah dengan tenang tanpa memikirkan pekerjaan. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Tips Memilih Perusahaan yang Tepat untuk Moms

6 Hal Yang Bisa Bantu Anda Hadapi Hari Dengan Semangat

Tips Agar Anda yang Pemalu Dapat Bekerja Dengan Baik

OTHER ARTICLES

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut Bayi Anda

5 Gaya Hidup Sehat yang Semakin Dilupakan Orang-Orang

Saat Penghasilan Istri Lebih Besar Ketimbang Suami

Saat Bayi Anda Menyusu Tiada Henti, Mesti Bagaimana?

Kram Kaki saat Hamil? Ini Tips untuk Mengatasinya