Mother&Baby Indonesia
Ariani Dewi Widodo: Ajarkan Anak Berempati pada Orang

Ariani Dewi Widodo: Ajarkan Anak Berempati pada Orang

Di ulang tahunnya yang ke-12 tahun ini, Mother&Baby Indonesia menampilkan 12 Inspiring Moms. Para Moms ini membuktikan bahwa menjadi seorang ibu tidak lantas menghentikan mereka untuk terus berkreasi dan berkarya. Meskipun penuh tantangan, selalu ada cara untuk mendedikasikan diri pada hal-hal positif. Para Moms ini bisa menjadi sumber inspirasi untuk Anda, Moms. Salah satunya adalah DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) (36) dokter spesialis anak serta ibu dari Natharania (9), Nathanael (6,5), dan Natrinka (1,5).

 

Sebagai dokter spesialis anak, Dr. Ariani telah memperoleh berbagai penghargaan seperti 2nd Place Award, Best Medical Article of The Year 2006, dan 1stPlace Award, Best Medical Article of The Year 2007 pada kompetisi Indonesia Medical Journal, serta Pemenang Best Poster Presentation pada KONIKA (National Pediatrics Congress 2014).



 

Wanita yang merupakan anggota International Medical Interpreters Association ini adalah founder TransMedical Institute. Lembaga ini memberikan layanan di dunia medis, antara lain penerjemahan medis. Ia juga mendirikan Tania Kids' Center, sebuah klinik tumbuh kembang dan konsultasi psikologi anak. Berikut ini wawancara Mother&Baby Indonesia dengan Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K).

 

M&B: Apa arti kehadiran anak bagi Anda?

Ariani: Anak-anak merupakan berkat yang diberikan Tuhan pada saya. Di sisi lain, mereka adalah guru yang membuat saya belajar banyak hal baru. Cara pandang pun berubah. Saya lebih ingin mementingkan mereka.

 

M&B: Apa tantangan terberat menjadi seorang ibu?

Ariani: Tantangan terberatnya adalah ketika harus menjadi contoh yang baik untuk Si Kecil. Tidak sulit bila sekadar meminta mereka untuk melakukan ini dan itu, tapi pada kenyataanya mereka akan melakukan apa yang dilihat.

 



M&B: Tiga kata yang menggambarkan sosok Anda sebagai ibu?

Ariani: Efisien dengan waktu. Sebisa mungkin saya sisihkan waktu untuk anak-anak. Fun. Saya dan anak-anak bisa bermain, berlarian, dan berteriak riang bersama. Terakhir mungkin smart parent. Menjadi seorang dokter dan ibu itu berbeda, maka sebisa mungkin saya tetap mengikuti perkembangan zaman dan semua perkembangan terbaru dalam mengurus anak.

 

M&B: Apa nilai kehidupan yang Anda tanamkan pada anak?

Ariani: Saya ingin mereka bisa hidup dengan memerhatikan kepentingan orang lain. Di saat mereka melihat orang yang kesulitan atau sedang sakit, mereka bisa menunjukkan empati dan bisa mencoba untuk memahami kondisi orang lain.

 

Moms juga bisa simak cerita inspiratif dari Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K)dan Inspiring Moms lainnya di video Youtube Mother & Baby Indonesia berikut ini. Jangan lupa untuk klik like dan subscribe ya, Moms.

(Vonda Nabilla/DON/SW/Dok. M&B)



Tags: mother and baby indonesia,   ulang tahun ke-12 mother and baby indonesia,   inspiring moms,   ariani dewi








Cover Januari - Februari 2020