Mother&Baby Indonesia
Tina Talisa: Ajarkan Anak Miliki Keingintahuan Besar

Tina Talisa: Ajarkan Anak Miliki Keingintahuan Besar

Di ulang tahunnya yang ke-12 tahun ini, Mother&Baby Indonesia menampilkan 12 Inspiring Moms. Para Moms ini membuktikan bahwa menjadi seorang ibu tidak lantas menghentikan mereka untuk terus berkreasi dan berkarya. Meskipun penuh tantangan, selalu ada cara untuk mendedikasikan diri pada hal-hal positif. Para Moms ini bisa menjadi sumber inspirasi untuk Anda, Moms. Salah satunya adalah Tina Talisa (39) praktisi komunikasi & entrepreneur serta ibu dari Fazilka Jabbari Amir (4) dan Qisya Nayyara Amir (1).

 

Mantan finalis Puteri Indonesia 2003 ini memiliki sederetan prestasi lain, seperti juara I Mojang Jawa Barat 2003 dan juara I Mojang Kota Bandung 2002. Karier Tina sebagai newscaster di sejumlah stasiun tv swasta dimulaidari ketertarikannya di dunia broadcastingsaat bekerja di Radio Paramuda dan Radio Mustika.



 

Dokter gigi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Padjajaran, Bandung, tahun 2001 ini kini aktif di dunia komunikasi sebagai konsultan. Ia juga aktif sebagai entrepreneur dengan mendirikan klinik gigi bersama beberapa teman kuliah seangkatannya. Berikut ini wawancara Mother&Baby Indonesia dengan Tina Talisa.

 

M&B: Apa arti kehadiran anak bagi Anda?

Tina: Buat saya, saat anak lahir, saya juga terlahir sebagai seorang ibu. Saya terlahir menjadi seorang individu baru, menjadi seorang ibu. Kehadiran anak itu membuat hidup saya sempurna.

 

M&B: Apa tantangan terberat menjadi seorang ibu?

Tina: Mengenali anak, karena setiap anak punya keunikan, tapi di sisi lain juga bagaimana bisa mendidik anak sesuai keunikan diri anak tersebut. Jadi, kita ada di proses yang dinamis dari mulai anak lahir, tumbuh, dan berkembang. Yang menjadi tantangan adalah mengenali keunikan dan dapat mendidik sesuai potensi anak tersebut.

 



M&B: Tiga kata yang menggambarkan sosok Anda sebagai ibu?

Tina: Pertama seru! kadang-kadang perfeksionis, dan yang ketiga selalu mau belajar.

 

M&B: Apa nilai kehidupan yang Anda tanamkan pada anak?

Tina: Nilai kehidupan yang saya tanamkan, pertama soal proses, empati, dan proses adaptasi. Ketiga poin ini saya rasa relevan dalam profesi apa pun. Tapi saya merasakan saat saya jadi jurnalis, tiga hal ini menjadi hal yang besar dan bermanfaat. Nilai kehidupan lainnya yang saya tanamkan adalah untuk memiliki keingintahuan yang besar. Ini sebenarnya merupakan keinginan belajar yang terus menerus karena dalam hidup tidak ada yang statis.

Saya berharap anak-anak bisa melihat proses itu menjadi sesuatu yang menyenangkan. Dan yang terakhir, selalu bersyukur karena saya yakin apa pun yang kita lakukan, kalau kita tidak ada rasa syukur, maka kita tidak akan bahagia. Saya meyakini bahwa kita harus bersyukur dulu baru bisa bahagia.

 

Moms juga bisa simak cerita inspiratif dari Tina Talisa dan Inspiring Moms lainnya di video Youtube Mother & Baby Indonesia berikut ini. Jangan lupa untuk klik like dan subscribe ya, Moms.

(Binar Murgati P./DON/SW/Dok. M&B)



Tags: mother and baby indonesia,   ulang tahun ke-12 mother and baby indonesia,   inspiring moms,   tina talisa