Mother&Baby Indonesia
Andien: Tanamkan Nilai-Nilai Kemandirian pada Anak

Andien: Tanamkan Nilai-Nilai Kemandirian pada Anak

Di ulang tahunnya yang ke-12 tahun ini, Mother&Baby Indonesia menampilkan 12 Inspiring Moms. Para Moms ini membuktikan bahwa menjadi seorang ibu tidak lantas menghentikan mereka untuk terus berkreasi dan berkarya. Meskipun penuh tantangan, selalu ada cara untuk mendedikasikan diri pada hal-hal positif. Para Moms ini bisa menjadi sumber inspirasi untuk Anda, Moms. Salah satunya adalah Andien (33) penyanyi dan ibu dari Kawa (19 bulan).

 

Tidak banyak pekerja seni yang terus bertahan dan tetap berprestasi dari kecil hingga dewasa, bahkan sampai berkeluarga. Andien adalah salah satunya. Ia belajar bernyanyi sejak usia 3 tahun dan merilis album pertamanya di usia 15 tahun dengan aliran musik jazz, sebuah pilihan yang 'tidak biasa' untuk remaja seusianya.



 

Seiring dengan perjalanan kariernya, penghargaan demi penghargaan diraihnya. Ia bahkan telah berkolaborasi dengan berbagai musisi senior, baik dalam negeri maupun internasional. Karya-karyanya semakin matang. Kesetiaannya terhadap musik membuatnya tetap bersinar hingga saat ini. Statusnya kini sebagai seorang ibu tidak menghalangi kreativitasnya untuk berkarya. Ia juga bersikeras untuk mengasuh Kawa tanpa mengandalkan pengasuh. Berikut ini wawancara Mother&Baby Indonesia dengan Andien.

 

M&B: Apa arti kehadiran anak bagi Anda?

Andien: Kawa sangat melengkapi hidup saya. Hidup saya jadi sangat penuh dengan rasa syukur dan bahagia. Setiap kegiatan pun rasanya jadi berpusat di Kawa. Waktu 24 jam yang sebelumnya terasa lama, bisa jadi terasa begitu singkat karena kehadirannya.

 

M&B: Apa tantangan terberat menjadi seorang ibu?

Andien: Bagaimana caranya multi-tasking. Karena, selain sebagai ibu saya juga tetap melakukan pekerjaan-pekerjaan lain. Memutuskan untuk tidak menggunakan jasa pengasuh juga merupakan tantangan. Namun ternyata menyenangkan kok, untuk bisa terus belajar dan menyesuaikan dengan keadaan tersebut setiap harinya.

 



M&B: Tiga kata yang menggambarkan sosok Anda sebagai ibu?

Andien: Multi-tasking, kuat, cinta

 

M&B: Apa nilai kehidupan yang Anda tanamkan pada anak?

Andien: Nilai-nilai kemandirianlah yang selalu saya terapkan untuk Kawa. Sebagai seorang penyanyi, yang dibutuhkan adalah bagaimana untuk bisa berdiri sendiri, melakukan apa pun sendiri, dalam arti memiliki suara sendiri, mengambil keputusan sendiri. Itu juga yang berusaha saya tanamkan pada Kawa: bagaimana memiliki keputusan sendiri sejak dini. Juga mendukungnya untuk melakukan berbagai hal dengan caranya sendiri dan dengan percaya diri.

 

Moms juga bisa simak cerita inspiratif dari Andien dan Inspiring Moms lainnya di video Youtube Mother & Baby Indonesia berikut ini. Jangan lupa untuk klik like dan subscribe ya, Moms.

(Nanda Djohan/DON/SW/Dok. M&B)



Tags: mother and baby indonesia,   ulang tahun ke-12 mother and baby indonesia,   inspiring moms,   andien








Cover Maret 2020