Home - Keluarga - Mums Know Best / 13 September 2018 / Redaksi

4 Tips Me Time Untuk Moms saat Traveling

Tidak mudah menjadi ibu masa kini. Bisa jadi ada banyak masalah yang harus dihadapi sehingga dapat menimbulkan stres. Maka, seorang ibu seperti Moms membutuhkan waktu khusus untuk relaksasi atau biasa disebut me time.

 

Untuk urusan ini, Tiga Mami Kece: Cisca Becker, Ajeng Hendarmin, dan Ivy Batuta memilih untuk piknik atau jalan-jalan, alias traveling. Pergi jauh dari keluarga, cuti dari pekerjaan, dan kadang tidak bisa dihubungi karena koneksi internet atau telepon tidak bagus, menjadi tantangan buat mereka.

 

Nah, Apakah Moms punya nyali seperti mereka atau tidak? Kalau belum , Tiga Mami Kece memberikan tipsnya berikut ini. Simak bersama yuk, Moms.

 

• Berani

Butuh keberanian untuk me time dengan cara travelling. Namun, pilihan berani ini ada alasannya, lho. “Biasanya kalau hanya ke salon, mal, atau kafe, kami selalu tergoda untuk mengecek suami dan anak-anak. Jadinya tidak benar-benar me time karena masih mengurus keluarga,” begitu alasan Ivy. Benar juga kan, Moms?

Tetapi untuk hidup lebih baik, memang butuh banyak keberanian. Tiga Mami Kece percaya kalau me time akan membuat fisik dan mental Moms jadi lebih oke. Dengan cara ini, Anda bisa lebih mengenal diri sendiri dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik nantinya.

“Sebagai ibu, mudah sekali kita melupakan diri sendiri. Keluarga otomatis menjadi hal yang paling utama. Jika dibiarkan, bisa menyebabkan stres dan tidak bahagia. Bagaimana Anda bisa membahagiakan keluarga? Nah, istirahat adalah salah satu cara untuk memulihkan diri dan kembali menemukan diri sendiri,” jelas Cisca.

 

• Izin Jalan-jalan

Sebenarnya, ini hal paling penting sekaligus paling sulit untuk me time dengan cara jalan-jalan adalah meminta izin suami. Namun Cisca mengatakan, jika keinginan Moms didiskusikan bersama suami dengan cara yang baik, ia pasti bisa mengerti dan memberi Anda izin.

“Jadikan suami sebagai partner dan berbagilah tugas dengannya. Bantu ia untuk membuat to-di-list selama Anda pergi seperti apa yang harus dibelanjakan dan kapan waktu menjemput anak. Tinggalkan juga nomor telepon penting, misalnya nomor telepon dokter anak, guru Si Kecil, orang tua teman sekolahnya, telepon tempat kursus, dan lainnya,” saran Cisca.

 

• Petik Manfaat

Jangan berpikir terlalu banyak, apalagi merasa bersalah karena Anda berjalan-jalan bersama teman-teman, sementara anak dan suami di rumah. Pasti mereka akan merindukan Anda, tetapi rindu yang ditunda untuk diungkapkan akan merekatkan hubungan Anda dengan anak dan suami.

Jadi, karena tujuan Anda bersenang-senang dan melepas stres, dapatkan itu semua dari perjalanan yang menyenangkan. “Setelah me time, saya merasa segar. Setelah fokus dengan diri sendiri dan melakukan apa yang kami suka, kami jadi lebih semangat saat pulang ke rumah,” cerita Ajeng.

Tak hanya itu, Moms juga menjadi lebih percaya kepada suami, termasuk dalam membagi tugas. Dengan timbulnya rasa percaya pada suami dan orang lain seperti pengasuh, maka akan timbul perasaan bahwa semua yang ditinggalkan di rumah akan baik-baik saja.

Saat Anda pergi untuk sementara waktu, ini bukan bentuk dari pengabaian, kok! Anda bisa saja menjadi abai kepada keluarga meski pun berdekatan dengan anak dan suami. Jangan sampai Moms merasa menjadi ibu adalah beban. Dengan melakukan me time seperti traveling ini, Anda bisa menjadi lebih segar saat kembali nantinya.

 

• Pilih Tujuan

Jika Moms hanya pergi seorang diri, waktu 4 hari 3 malam sudah cukup untuk memberi kesegaran. Anda pun bisa memilih lokasi tujuan seperti tempat wisata di dalam maupun luar negeri. Dan carilah destinasi yang tidak begitu jauh, seperti Bangkok atau Korea.

Karena waktu yang lumayan ketat, Moms perlu membuat jadwal perjalanan yang padat tetapi santai. Pelajari minat dan carilah teman yang memiliki minat sama agar tidak muncul konflik kepentingan. Ingatlah, tujuan jalan-jalan untuk menyegarkan pikiran.

Diskusikan bagaimana cara traveling Anda bersama teman seperjalanan. Tiga Mami Kece sendiri selama ini selalu bebas dan santai, meski tetap punya agenda perjalanan yang jelas. Rencanakan matang tempat-tempat yang akan dikunjungi nanti, dari tempat makan, hotel untuk menginap, dan transportasinya, ya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Cinta Keluarga, Cinta Terencana

Moms, Ini 4 Kunci Agar Tetap Percaya Diri Menjadi Ibu

5 Hal yang Harus Diantisipasi Ibu Baru



OTHER ARTICLES

5 Karakter Tidur Bayi Baru yang Mesti Anda Pahami

Bahaya Risiko Obesitas Karena Kurang Tidur pada Anak

Hati-Hati, Pepes bisa Kurangi Gizi pada Ikan!

Mengenal dan Mengatasi Penyakit Kuning pada Bayi

Cara Mengajarkan Anak Mengenal Cuaca