Mother&Baby Indonesia
Tips Memilih Mainan Tepat buat Anak

Tips Memilih Mainan Tepat buat Anak

Setiap anak dibekali dengan berbagai kecerdasan yang lengkap dan perlu dikembangkan melalui stimulasi yang tepat dengan usia perkembangannya. Salah satu stimulasi yang bisa orang tua berikan kepada anak adalah dengan bermain.

 

Ada banyak alasan mengapa stimulasi itu penting, di antaranya adalah agar orang tua mampu mengoptimalkan proses tumbuh kembang dan kecerdasan anak dan agar anak memiliki rasa percaya diriyang tinggi. Ini merupakan cara orang tua membantu Si Kecil untuk siap memasuki tahap perkembangan selanjutnya.



 

Mainan yang tepat dapat mengembangkan kemampuan panca indera Si Kecil sejak dini, contohnya penglihatan (fokus mata, koordinasi mata-tangan, pengenalan warna atau bentuk), pendengaran (pengenalan suara, nada, nama benda/tekstur/warna), serta perabaan (mengenal berbagai bentuk dan tekstur). Selain itu, Si Kecil juga akan dirangsang untuk mengeksplorasi dan mempelajari hal-hal baru.

 

Bermain sendiri menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masa anak-anak. Anda sebagai orang tua bertugas memilih mainan yang sesuai dengan kebutuhan Si Kecil. Agar tidak salah memilih mainan untuk Si Kecil, Mother&Baby Indonesia punya tips memilih mainan anak untuk Anda, Moms. Berikut ini tipsnya.



1. Pilih toko mainan yang tepercaya. Pastikan toko tersebut mengenal produsen atau supplier-nya, sehingga jika mainan tersebut rusak atau ternyata mengandung bahan berbahaya, Anda bisa meminta tanggung jawab.

2. Sebelum membeli mainan, pastikan memeriksa umur yang tertera di produk tersebut. Jangan membelikan Si Kecil mainan yang tidak sesuai dengan umurnya ya, Moms.

3. Cuci atau bersihkan mainan secara berkala hingga bersih, misalnya seminggu sekali. Tak mau kuman-kuman menempel lalu digigit atau dipegang Si Kecil, kan?

4. Ajak Si Kecil untuk menyimpan mainan dengan rapi setelah digunakan. Dengan cara ini, Anda juga mengajarkannya tanggung jawab dan mengatur sesuatu dengan baik. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   mainan anak








Cover Maret 2020