Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Moms, Ini Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Sarapan memiliki pengaruh positif terhadap daya ingat dan kemampuan anak dalam memerhatikan pelajaran di sekolah. Selain itu, dengan sarapan, ia akan lebih mudah berkonsentrasi dan terhindar dari risiko obesitas.

 

Sarapan pada anak juga penting karena dapat membantu mengembangkan cara berpikirnya. Anak yang jarang atau tidak pernah sarapan akan memiliki cabang otak yang sedikit sehingga menghambat daya berpikirnya. Sedangkan anak yang selalu sarapan akan memiliki banyak cabang di otak sehingga menghasilkan anak yang cepat tanggap.



 

Kendati demikian, memilih menu sarapan yang sehat dan membuat anak tertarik memakan dan menghabiskannya bukanlah suatu kegiatan yang mudah untuk Anda, Moms. Terkadang Si Kecil menolak sarapan hanya karena menu yang Anda sajikan tidak menarik minatnya atau ia tidak suka dengan jenis makanan yang Anda siapkan.

 

Alhasil, Anda pun menyajikan menu sekadarnya agar Si Kecil mau sarapan. Tidak jarang, menu tersebut bukan termasuk jenis makanan yang sehat dan bergizi dengan nutrisi yang seimbang yang dibutuhkan oleh Si Kecil sebagai energi untuknya melakukan aktivitas selama seharian.

 

Nah, agar Si Kecil tertarik dengan sarapan, cobalah beberapa menu sarapan sehat ini untuk Si Kecil berikut ini, Moms.

1. Telur. Telur rebus (yang benar-benar sudah matang) atau telur arak-arik, roti panggang dengan isi telur dadar dan irisan tomat ditambah segelas susu akan menjadi menu sarapan yang lezat nan sehat.



2. Pancake. Beri madu dan potongan buah, seperti stroberi dan kiwi sebagai topingnya.

3. Sereal. Tambahkan susu pada sereal atau potongan buah, seperti pisang, mangga, stroberi, atau buah lain yang menjadi favorit Si Kecil.

4. Bubur/nasi tim. Anda juga bisa membuatkan Si Kecil bubur atau nasi tim dengan lauk pelengkap, seperti ikan, ayam, ataupun daging dan sayuran sebagai menu sarapannya.

5. Buah. Sajikan jus buah untuk sarapannya, apalagi jika menu sarapan lainnya mengandung telur, kacang-kacangan, atau makanan yang kaya akan zat besi. Vitamin C yang terkandung dalam jus dapat memaksimalkan penyerapan zat besi.

6. Roti. Oles roti tawar atau roti panggang dengan selai kacang yang mengandung zat besi dan protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

 

Selamat menyajikan sarapan sehat dan bergizi untuk Si Kecil, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   sarapan








Cover Januari - Februari 2020