Home - Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 6 September 2018 / Redaksi

Cheat Day Ternyata Tetap Perlu saat Berdiet

Setelah melahirkan, Moms mungkin punya keinginan kuat untuk mengembalikan bentuk tubuh ke keadaan semula seperti sebelum hamil. Salah satu cara menurunkan kelebihan berat badan yang diperoleh selama masa kehamilan tersebut adalah dengan melakukan diet.

 

Meskipun begitu, saat berdiet, Moms tentu sering mengalami tak tahan godaan untuk menyantap makanan favorit. Ketika akhirnya luluh dengan godaan tersebut, Anda pun merasa bersalah dan membuat program diet menjadi lebih ketat.



 

Sebenarnya, Anda tak perlu merasa bersalah karena mengambil 'rehat' sehari dari program diet, atau yang biasa kita kenal dengan istilah cheat day.

 

Cheat day sendiri merupakan keadaan di mana kita memberikan sedikit kebebasan (tapi tetap terkendali) kepada diri sendiri dengan 'membolehkan' untuk mengonsumsi makanan kesukaan selama satu kali seminggu. Waktu yang digunakan untuk cheat day berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang menentukan hanya di akhir pekan, ada juga yang menentukan di salah satu hari tertentu.

 

Sampai kini, ada banyak perdebatan terkait cheat day. Beberapa peneliti yang kontra umumnya mengemukakan bahwa cara tersebut malah memicu pola makan tidak sehat dan menjebak pelaku diet menjadi lebih rakus karena sulit mengontrol makanan. Namun, justru saat diet, Anda membutuhkan cheat day. Ini gunanya, Moms.



1. Lebih mudah menghindari camilan

Tim Ferris, penulis buku The 4-Hour Body, mengungkapkan bahwa cheat day bisa membuat Anda tidak penasaran pada rasa camilan yang diinginkan, hingga tak perlu mencuri-curi waktu di tengah malam hanya untuk ngemil. Hal ini tentu saja akan sangat berguna saat Anda tengah berdiet.

2. Lebih bahagia menjalankan diet

Personal trainer para selebritis AS, Harley Pasternak, mengungkapkan bahwa sesekali menerapkan cheat day saat diet akan membantu Anda merasa lebih bahagia karena tak kehilangan kesempatan untuk menikmati makanan lezat yang Anda sukai.

3. Memperbaiki otot

Saat tengah berdiet, Anda biasanya tidak memberikan makanan yang cukup untuk otot. Maka Anda butuh cheat day untuk memulihkan kekuatan, sekaligus mempersiapkan diri untuk menjalankan latihan di minggu depan. Jika disantap jenis dan dalam jumlah yang tepat, makanan-makanan non-diet ini akan membantu memperbaiki dan memperkuat otot tubuh Anda. Selain itu, cheat day juga berguna untuk melengkapi kekurangan kalori selama melakukan program diet, yaitu pembatasan kalori. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Ciptakan Udara Sehat di Rumah dengan Cara Ini

Jenis Makanan yang Sehat dan Baik Dikonsumsi Keluarga

5 Tips Atasi Nyeri Punggung

OTHER ARTICLES

Tips Mengajak Anak Salat Tarawih di Masjid

10 Rekomendasi Krim Anti Ruam Popok Ampuh untuk Bayi

Kolaborasi Spesial Live-Action Aladdin dari Indonesia

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini