Mother&Baby Indonesia
Bonding Makin Erat dengan Yoga

Bonding Makin Erat dengan Yoga

Tak ada yang meragukan jika yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, tidak hanya orang dewasa yang bisa melakukan yoga. Si Kecil pun bisa dan boleh beryoga lho, Moms. Bonusnya lagi, yoga yang dilakukan oleh Moms bersama Si Kecil juga bisa mempererat bonding.

 

Hal ini sudah dibuktikan oleh Moms dan Si Kecil yang pada hari Sabtu lalu, 25 Agustus 2018, dengan mengikuti keseruan Mother&Baby Club Konicare “Mom & Kids Yoga” Goes to Bandung. Pagi hari, RS Melinda 2 Bandung sudah dipadati oleh para Moms yang tampil kompak dengan Si Kecil mengenakan busana bernuansa ungu, sesuai dengan dress code “sporty with a touch of purple”. Mereka sudah tidak sabar untuk mengikuti Konicare Mom & Kids Yoga bersama Lia Susanti, certified Yoga Leaf teacher dan pemilik Yoga Rabu Studio.



 

Sebelum memulai yoga, Lia menjelaskan bahwa yoga memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil, seperti melatih gerak motorik, membuat metabolisme lebih baik, menyehatkan tubuh, melatih keseimbangan, konsentrasi, dan kekuatan, dengan cara yang menyenangkan. Kelebihan lainnya, gerakan yoga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak. Misalnya, anak yang cenderung aktif bisa diminta melakukan gerakan menahan yang bisa membuatnya lebih tenang, sedangkan anak yang pendiam bisa diberikan gerakan yang lebih ‘menantang’. Yoga sendiri cukup dilakukan sekitar 20-30 menit agar Si Kecil tidak bosan.

 

Sedikit berbeda dengan yoga dewasa yang terkesan ‘serius’, yoga untuk anak dibawakan Lia dengan cara yang sangat seru, melalui teknik story-telling. Lia menganalogikan gerakan-gerakan yoga seperti aktivitas sehari-hari, misalnya memetik buah dan memasukkan ke keranjang, bersepeda, atau pun meniru gerakan hewan seperti gorila, kodok, kucing, dan macan. Sesi yoga pun menjadi lebih seru dan menyenangkan karena penuh tawa Moms dan Si Kecil yang bersemangat mengikuti instruksi dari Lia.

 

Sebelum masuk ke sesi selanjutnya, acara diselingi terlebih dahulu dengan kuis seputar Konicare, salah satunya tentang Konicare Minyak Telon Plus yang terbuat murni dari bahan alam yang dapat menghangatkan tubuh Si Kecil hingga membuat Si Kecil nyaman. Dengan kandungan Lavender & Geranium harumnya alami tanpa tambahan parfum, mampu menghindarkan Si Kecil dari gigitan nyamuk yang efektif selama 8 jam. Konicare Minyak Telon Plus juga telah mendapat sertifikasi Halal. 5 peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan tepat mendapatkan bingkisan dari Konicare.



 

Setelah itu, giliran para Mom yang serius menyimak talk show yang dibawakan oleh dr. Harsono Budiprananto, SpA, dokter spesialis anak dari RS Melinda 2, yang membahas mengenai pentingnya bonding antara ibu dan anak. Ternyata, maternal bonding, yang sudah bisa dimulai sejak ibu mengandung, sangat penting dan merupakan salah satu faktor penentu masa depan anak lho, Moms.

 

“Salah satu cara bonding yang bisa dilakukan adalah yoga ibu dan anak. Yoga tidak hanya membangun kedekatan dengan buah hati, tapi juga bermanfaat untuk memperbaiki pola tidur, mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan kelenturan dan daya tahan otot-otot, serta mengurangi keluhan nyeri pinggang belakang, mual dan nyeri kepala.”, jelas dr. Harsono. Peserta pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memanfaat sesi tanya jawab untuk bertanya seputar maternal bonding dan yoga.

 

Acara ditutup dengan pengumuman 5 pemenang lucky draw, best dress,best selfie on instagram, serta foto bersama. Para Moms pulang dengan senyum puas membawa goodie bag, yoga mat, dan lunch box dari Konicare. Sampai ketemu di acara M&B berikutnya, ya! (Nanda Djohan/SW/Dok.M&B)



Tags: yoga,   mom and kids yoga,   bonding,   maternal bonding,   olahraga,   konicare










Cover Mei-Juni-Juli 2020