Mother&Baby Indonesia
Ketahui Tipe Balita Picky Eater: General Perfectionist

Ketahui Tipe Balita Picky Eater: General Perfectionist

Salah satu tipe balita picky eater adalah general perfectionist. Balita dengan tipe ini biasanya akan lebih spesifik dengan apa yang ia makan dan bagaimana cara makannya. Ini umum dialami oleh banyak anak dan mencakup banyak perilaku yang berhubungan dengan makan.

 

Seperti sensory responder dan preferantial eater, tipe picky eater yang satu ini biasanya menolak beragam jenis makanan. Anak dengan tipe general perfectionist tidak mau mengonsumsi makanan dengan tekstur tertentu.



 

Mereka juga bisa menjadi sangat pemilih mengenai makanan apa yang diletakkan di atas piring. Hal-hal yang tidak disukai berbeda bagi masing-masing anak. Si Kecil mungkin akan marah ketika melihat kacang polongnya menyentuh wortel.

 

Ia juga mungkin tidak menyukai makanan yang direbus, namun tidak menolak jika dikukus. Salah satu ciri umum dari general perfectionist adalah lebih memilih makanan yang memiliki warna yang sama. Coba Anda pikirkan, apa makanan favorit Si Kecil?

 

Jika jawabannya tomat atau stroberi, ia termasuk dalam tipe ini. Ciri lain dari anak jenis ini menurut dr. Grace Judio-Kahl, Msc., MH, Cht, adalah memiliki ritual khusus saat makan, misalnya tidak ingin saus dari suatu menu dituang, tetapi dipisah di mangkuk sendiri.

 

Ritual lain misalnya, ia hanya mau menggunakan piring, gelas, mangkuk, sendok, atau garpu yang itu-itu saja ketika makan. Jika Anda belum mengetahui tipe picky eater seperti apa Si Kecil, kuis ini bisa membantu. Dan untuk mengatasi anak dengan tipe general perfectionistM&B punya tips yang bisa Moms lakukan berikut ini:



 

• Kenalkan dengan Beragam Bentuk Makanan

Masaklah satu jenis makanan yang disukai Si Kecil dengan 2-3 penyajian yang berbeda dan sajikan kepada Si Kecil dalam waktu bersamaan. Misalnya, jika ia menyukai wortel, sajikan wortel kukus, pure wortel, dan wortel yang dipanggang berbentuk stik.

 

• Melibatkan Si Kecil

Anda bisa memperkenalkan Si Kecil dengan beragam jenis makanan dan memberinya kontrol terhadap apa yang akan dimakan, dengan melibatkannya ketika memasak atau menyiapkan makanan tersebut.

 

• Dibuat Lembut

Anak jenis ini biasanya suka dengan makanan lembut. Jadi, pastikan Anda menyajikannya dengan cara seperti itu. Misalnya, ketika membuat spaghetti bolognese, pastikan saus dan dagingnya diblender hingga lembut. Mereka juga biasanya suka makanan dengan rasa manis. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   picky eater,   general perfectionist








Related Article