Mother&Baby Indonesia
Ajak Anak Yoga, yuk. Ini 3 Pose yang Mudah Untuknya

Ajak Anak Yoga, yuk. Ini 3 Pose yang Mudah Untuknya

Tak ada yang meragukan jika yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, tidak hanya orang dewasa yang bisa melakukan yoga. Si Kecil pun bisa dan boleh beryoga lho, Moms.

 

Buat anak, yoga memiliki sejumlah manfaat yang berguna untuk tumbuh kembangnya, misalnya mengasah keterampilan motorik, membuat metabolisme lebih baik, menyehatkan tubuh, melatih keseimbangan, konsentrasi, dan kekuatan. Semuanya bisa diperoleh dengan cara yang menyenangkan.



 

Gerakan yoga juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak. Misalnya, anak yang cenderung aktif bisa diminta melakukan gerakan menahan yang dapat membuatnya menjadi lebih tenang, sedangkan anak yang pendiam bisa Moms berikan gerakan yang lebih ‘menantang’.

 

Yoga juga dipercaya bisa menyalurkan energi ke arah yang positif. Moms tentunya paham bahwa balita memiliki energi yang tidak ada habis-habisnya. Nah, yoga ternyata mampu membantu Si Kecil menyalurkan energi ke arah yang sehat serta melepaskan stres dan ketegangannya.

 

Kebanyakan orang tua yang telah mempraktikkan yoga untuk anak atau melakukan yoga bersama anak mengakui bahwa rasa frustrasi anak lebih mudah ditangani setelah mereka melakukan yoga.



 

Menurut keterangan Helen Garabedian, penulis buku Itsy Bitsy Yoga for Toddlers and Pre-Schoolers, keuntungan dari melakukan yoga tidak hanya itu, Moms. Ia menjelaskan, anak-anak yang berlatih yoga menjadi tidak sering tantrum, saluran pencernaannya lancar, meningkatkan keterampilan mendengar, dan kualitas tidurnya pun menjadi lebih baik.

 

Saat melakukan yoga, Si Kecil tidak perlu mengikuti berbagai pose yoga seperti halnya orang dewasa, cukup pose dan gerakan sederhana yang mampu ia lakukan. Berikut ini beberapa pose yoga yang mudah diikuti oleh anak-anak, Moms.

1. Lion's Breath. Minta Si Kecil bernapas dalam-dalam lalu keluarkan sambil membuka lebar mulut dan menjulurkan lidah. Ini bisa membantunya melepaskan stres.

2. Pose Pohon. Si Kecil berdiri dengan 1 kaki, sementara kaki yang lain bertumpu pada kaki yang satunya. Anda bisa membantunya berdiri dulu, sampai ia bisa menyeimbangkan tubuhnya sendiri.

3. Downward-facing Dog. Si Kecil bisa berpura-pura menjadi anjing besar dengan cara tangan dan lutut bertupu di lantai. Lalu, tekuk jari-kari kaki ke arah lantai. Saat membuang napas, luruskan lutut dan angkat pinggul. Minta ia menahan posisi tersebut sambil menundukkan kepala dan bernapas beberapa kali. Setelah itu, turunkan lutut kembali ke lantai sembari membuang napas. Agar sesi yoga lebih seru dan menyenangkan, ajak ia menyalak sambil mengangkat pinggulnya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   yoga,   pose yoga








Cover Maret 2020