Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 13 September 2018 / Redaksi

Cara Mudah Ajarkan Anak Pandai Bicara

Sebagian besar Moms mengakui bahwa mengajari anak berbicara merupakan salah satu momen paling berharga dalam hidup mereka. Ya, sebab ekspresi lucu Si Kecil ketika berceloteh tak jelas atau mimik seriusnya saat berusaha mengikuti kata-kata yang Anda ajarkan, tidak akan terulang lagi setelah ia lancar berbicara.

 

Anda dapat membuat momen tersebut menjadi lebih menyenangkan dengan melakukan berbagai permainan seru untuk mengasah kemampuan bicaranya. Ada pula beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika mengajari Si Kecil berbicara, seperti berikut ini:

 

Stop Bahasa Bayi

Apakah Anda sering menggunakan bahasa bayi atau sengaja berbicara dengan gaya cadel ketika berkomunikasi dengan Si Kecil? Jika ya, segera hentikan kebiasaan tersebut, karena itu hanya akan mengganggu proses belajarnya.

Saat belajar bicara, penting bagi Si Kecil untuk mendengarkan orang-orang di sekitarnya berkomunikasi menggunakan bahasa yang baik dan benar. Dengan begitu, ia pun terbiasa mengucapkan setiap kata yang dipelajarinya dengan jelas dan tepat.

 

Kunjungi Perpustakaan

Membaca adalah cara tepat untuk menstimulasi kemampuan bicara Si Kecil. Perpustakaan merupakan gudang dari segala buku cerita yang dibutuhkannya. Buatlah jadwal rutin untuk mengunjungi perpustakaan terdekat bersama Si Kecil. Di sana, Anda bisa memintanya untuk memilih buku cerita yang disukai dan membacanya bersama.

Sesekali, Anda juga boleh memintanya untuk membacakan cerita dari buku yang Anda pilih. Lihatlah betapa antusias dan bangganya ia saat diberi kepercayaan untuk 'membacakan' cerita pilihan Anda.

 

3 Kunci Utama

Ada 3 hal yang harus diterapkan untuk menstimulasi kemampuan bicara Si Kecil, yakni bicara perlahan, setarakan diri Anda dengannya, dan lakukan pengulangan. Jadi saat Anda mengajarkan Si Kecil bicara, berlututlah agar Anda setara dengannya dan ucapkanlah beberapa kata secara perlahan. Tatap matanya, minta ia menirukan kata-kata yang Anda ucapkan, dan ulangi beberapa kali. Saat Si Kecil berhasil mengucapkan setiap kata dengan benar, beri pelukan sebagai reward.

 

Dengar dan Rasakan

Mendengarkan setiap kata yang diucapkan Si Kecil dengan seksama sangat penting baginya. Hal itu menandakan bahwa Anda menghargai apa pun yang ia katakan, sehingga rasa percaya dirinya dalam berkomunikasi pun meningkat. Selanjutnya, ia tidak akan ragu atau takut untuk berbicara dengan orang lain dan mengekspresikan perasaannya.

 

Bernyanyi Bersama

Belajar lewat lagu merupakan cara paling mudah untuk menambah kosa kata Si Kecil. Coba ajarkan ia beberapa lagu anak-anak yang liriknya sederhana dan berirama ceria. Anda pasti akan terkejut mendengar betapa hebatnya Si Kecil dalam menghafal sebuah lagu dan menyanyikannya dengan nada yang tepat. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Ketahui 5 Cara Asah Kepercayaan Diri Balita

Moms, Ketahui Kalimat Ampuh Agar Anak Patuh

Perlukah Jamu Penambah Nafsu Makan untuk Anak?



OTHER ARTICLES

Moms, Coba Ini, Cara Efektif Mengecilkan Lengan

Masalah Ibu Menyusui: Produksi ASI Sedikit

Ketahui Tipe Balita Picky Eater: Sensory Responder

Moms Wajib Tahu, 3 Keterampilan Bermain dengan Bayi

Hamil 4 Bulan, Maya Septha Tak Betah Hanya di Rumah