Mother&Baby Indonesia
Perlukah Jamu Penambah Nafsu Makan untuk Anak?

Perlukah Jamu Penambah Nafsu Makan untuk Anak?

Yang namanya balita pastinya pernah mengalami sakit. Namun setelah sembuh dari sakit tersebut, Si Kecil justru kehilangan selera makan. Ia jadi susah dan tidak mau makan sama sekali. Sebagai orang tua, Moms tentunya tidak tega melihat Si Kecil tidak berminat makan sama sekali karena kehilangan nafsu makan.

 

Berbagai trik dan upaya Moms coba tempuh agar ia semangat untuk makan kembali, salah satunya dengan memberikan jamu penambah nafsu makan. Namun aman dan perlukah memberi balita jamu penambah nafsu makan?



 

Menurut dr. Rouli Nababan, Sp.A, salah satu gejala penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus adalah hilangnya nafsu makan. Ketika kondisi kesehatannya membaik, seharusnya nafsu makannya juga segera pulih kembali. Namun memang ada beberapa anak yang kehilangan selera makan setelah sembuh dari sakit.

 



Moms tidak perlu merasa khawatir atau cemas selama Si Kecil tidak mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis atau mengalami dehidrasi berat. Anda bisa memberi Si Kecil vitamin untuk melengkapi kebutuhan gizi yang mungkin berkurang selama sakit.

 

Meskipun begitu, untuk pemberian obat alternatif seperti jamu-jamuan, Moms perlu waspada, karena obat-obatan alternatif umumnya tidak memiliki penelitian medis. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   tidak mau makan