Mother&Baby Indonesia
Dads, Ini Daftar Kegiatan Seru saat Bersama Balita (3)

Dads, Ini Daftar Kegiatan Seru saat Bersama Balita (3)

Si Kecil sudah berusia balita, Dads. Saatnya membantu menstimulasi kemampuan motorik dan kognitifnya. Ajak ia bereksplorasi bersama Anda dengan melakukan kegiatan dari rekomendasi Mother&Baby Indonesia berikut ini, yuk.

 

Tangkap Aku



Lakukan permainan kejar-tangkap dengan menirukan gerakan dan suara hewan. Jika yang mengejar menyebutkan kata bebek, yang dikejar harus menirukan gerakan bebek sambil berseru, “Kwek kwek!”

Demikian dengan hewan lainnya, baik gajah, kangguru, dan sebagainya. Dads dan Si Kecil dapat bergantian sebagai pengejar dan yang dikejar, agar permainan semakin seru. Melalui permainan ini, anak belajar gerak binatang, sekaligus melatih konsentrasi dan motoriknya.

 

Melukis dengan Tanaman

Siapkan beberapa tanaman yang memiliki pola pada bagian batang, buah maupun daunnya, seperti batang pisang, daun pepaya, dan buah belimbing. Kemudian ajak Si Kecil untuk mencelupkan pola-pola tersebut ke dalam cat warna dan tempelkan pada kertas.

Dads dan Si Kecil bisa bergantian menempelkan pola, sehingga membentuk 1 gambar tertentu sesuai dengan kreasi Anda berdua. Aktivitas ini berfungsi untuk mengasah kreativitas dan mengenalkan jenis-jenis pola pada anak.

 



Lompat Ranting

Jejerkan beberapa ranting dengan jarak 0,5 meter. Lalu minta anak untuk berlari sambil melompati ranting-ranting tersebut tanpa terjatuh. Anda dan anak dapat bergantian melompati ranting atau bahkan melompat bersama-sama.

Tambahkan jarak ranting bila anak telah berhasil melompati jarak yang pendek. Permainan lompat ranting ini dapat Dads lakukan untuk alternatif olahraga Anda dan Si Kecil. Tak hanya itu, keberanian Si Kecil pun dapat terlatih.

 

Berburu Bayangan

Ajak Si Kecil untuk ke halaman yang terpapar sinar matahari pagi atau sore. Dads dan anak bisa saling bergantian tugas menjadi pemburu bayangan, yaitu pihak yang menjadi penginjak bayangan pemain lain.

Selain itu, pemburu bayangan juga bertugas untuk menginjak bayangan yang disebutkan, misalnya seperti bayangan pohon, dinding, dan lainnya. Aktivitas outdoor ini dapat melatih kemampuan motorik dan konsentrasi anak, serta mengenali bentuk-bentuk bayangan benda. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   aktivitas untuk balita,   bonding








Related Article