Mother&Baby Indonesia
Dads, Ini Daftar Kegiatan Seru saat Bersama Balita (2)

Dads, Ini Daftar Kegiatan Seru saat Bersama Balita (2)

Si Kecil sudah berusia balita, Dads. Saatnya membantu menstimulasi kemampuan motorik dan kognitifnya. Ajak ia bereksplorasi bersama Anda dengan melakukan kegiatan dari rekomendasi Mother&Baby Indonesia berikut ini, yuk.

 

Tebak Gambar



Siapkan beberapa foto dari beberapa benda yang memiliki tekstur berbeda, seperti batu, daun-daun kering, jeli, dan lain-lain. Letakkan benda-benda tersebut secara acak di hadapan Si Kecil. Tunjukkan foto dari benda tersebut secara acak dan minta anak Anda untuk menunjuk benda yang dimaksud di foto.

Biarkan ia menggenggam, lalu tanyakan bagaimana rasanya saat menggenggam benda tersebut. Beritahukan bagaimana teksturnya dan minta Si Kecil untuk menuliskan jenis tekstur pada masing-masing foto sesuai dengan bendanya. Aktivitas ini dapat membantunya mengenali dan mengingat tekstur, serta melatih kemampuan analisis.

 

Musik Alam

Ajak Si Kecil untuk mencari kerikil, biji-bijian, atau beras di lingkungan sekitar. Kemudian, masukkan benda yang ditemukan tersebut ke dalam botol plastik. Dads dan Si Kecil masing-masing dapat memilih satu botol berisi benda favorit.

Putar irama musik, kemudian goyangkan botol secara bergantian dengan Si Kecil mengikuti irama musik. Anda dapat bertukar botol atau mencoba benda lainnya, agar suara yang dihasilkan lebih variatif.



Kegiatan ini dapat menambah pengetahuan anak seputar asal dan variasi bunyi, serta mengenalkan tempo lagu kepada Si Kecil.

 

Puzzle Kertas

Gambarkan beragam pola bentuk dasar, seperti lingkaran, kotak, segi tiga, segi lima, dan sebagainya, Dads. Kemudian, ajak Si Kecil untuk menggunting sesuai pola yang telah Anda buat.

Setelah pola telah tergunting, minta Si Kecil untuk mencocokkan pola dengan gambar yang tersedia pada kertas. Jika pola sudah sesuai dengan bentuk yang terdapat di kertas, ajak ia untuk menuliskan nama bentuk potongan kertas tersebut.

Kegiatan ini berguna agar Si Kecil dapat belajar dan mengenal berbagai bentuk dan pola. Selain itu, permainan seru ini juga melatih konsentrasi, motorik, dan kecerdasan otak anak. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   aktivitas untuk balita,   bonding










Cover Mei-Juni-Juli 2020