Home - Balita - Berita Tentang Balita / 27 September 2018 / Redaksi

Malea Emma, Anak 7 Tahun yang Memukau di Liga AS

Nama Malea Emma Tandrawidjaja, seorang anak perempuan berdarah Indonesia tengah viral dan jadi perbincangan di Amerika Serikat. Anak berusia 7 tahun tersebut tampil memukau seluruh penonton saat menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat The Star-Spangled Banner pada ajang Major League Soccer (MLS), Liga Sepakbola AS yang bergengsi. Ia menyanyikannya dengan penuh percaya diri saat akan dimulainya pertandingan antara LA Galaxy dengan Seattle Sounders pada Minggu (23/9).

 

Penampilannya yang apik tersebut pun langsung viral di media sosial. Tak hanya warga dari Amerika Serikat, namun pengguna media sosial lainnya juga turut berkomentar akan rasa kagum mereka pada unggahan di Twitter ABC News.



 

 

 

Tak sedikit juga masyarakat Indonesia yang ikut me-retweet penampilan Malea yang sangat mengagumkan tersebut. "Aku hanya berpikir aku tidak boleh berbuat salah karena ini adalah lagu yang spesial untuk Amerika," ujar Malea ketika diwawancarai oleh ABC News.

 

Putri cantik yang berdarah asli Indonesia ini adalah anak dari pasangan orang Indonesia, Arman Tjandrawidjadja dan Maura Esther Tanudjaja. Keduanya sudah tinggal di Amerika Serikat sejak 2007 lalu, bersama Malea dan sang kakak laki-laki, Mark Andrew Tjandrawidjaja.

 

Sebelum bernyanyi di Major League Soccer Game, Malea juga sempat tampil pada pementasan teater The Hollywood Bowl. Dalam teater musikal berjudul Annie, gadis kecil ini berperan sebagai Molly. Dan penampilannya tersebut tak kalah menarik dan membuat decak kagum masyarakat Amerika dan dunia, seperti dilansir dari The Jakarta Post.

 

Arman dan Maura sebagai orang tua Malea mengaku masih menanamkan nilai-nilai serta budaya asli Indonesia kepada kedua anaknya. Hal ini dilakukan dengan harapan agar Malea juga Mark tetap mengenal budaya Indonesia, meskipun tinggal di negara orang.

 

Mereka juga selalu mendukung apa pun impian anaknya, termasuk ‘membukakan pintu’ jika ada kesempatan untuk berkarya di dalamnya. We don’t give them targets that they have to excel in all their activities, but we just want them to try and do their best,” ujar Arman.

 

Hal ini menjadi salah satu perhatian juga bagi para orang tua, agar dapat membantu Si Kecil untuk mengasah bakat mereka. Bahkan, hal ini sebenarnya bisa dilakukan sejak anak sudah mulai dapat mengekspresikan dirinya, yaitu pada usia balita.



 

Secara tidak langsung, balita sudah menunjukkan kemampuannya menirukan orang lain. Ini mungkin salah satu dari bakatnya berakting. “Itu adalah saat yang tepat untuk mendorong anak mengasah minat dan bakatnya,” ujar dr. Lucia RM Royanto MSi, MspED, psikolog pendidikan anak,

 

Menurut dr. Lucia, orang tua perlu melakukan beberapa hal untuk mendorong anak dalam menemukan minat dan bakatnya, seperti berikut ini:

1. Penuhi kebutuhan gizi harian anak untuk mendukung pertumbuhan fisik, sistem sensorik, dan ekspresi dirinya. Anak yang kurang gizi tidak akan bertumbuh secara optimal dan cenderung menjadi tidak aktif.

2. Perhatikan pula waktu tidur anak. Waktu tidur sama pentingnya dengan gizi, karena dapat memengaruhi stamina anak saat berkegiatan setiap hari.

3. Dorong anak untuk melakukan aktivitas fisik, seperti menari sambil mendengarkan musik favorit untuk melatih motoriknya. Atau bisa juga dengan berolahraga sambil bermain di pekarangan rumah.

4. Perkuat kemampuan berpikirnya yang bisa dilakukan dengan menyusun puzzle.

5. Bekali anak dengan kepercayaan diri, agar ia berani tampil dan bonusnya dapat meraih prestasi.

6. Jadilah role model karena anak akan meniru setiap hal yang orang tua lakukan.

7. Berikan figur panutan untuk dicontoh, misalnya tokoh superhero, musisi, aktris, atau olahragawan.

 

Bagi Moms yang penasaran seperti apa penampilan hebat dari Malea Emma, berikut videonya:

(M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Instagram @maleaemma, Youtube)

 

 


RELATED ARTICLE

Kebiasaan Baik dari Anak-Anak di Seluruh Dunia

Balita Terjebak di Dalam Mesin Cuci yang Menyala

Apa Yang Bisa Anak Lakukan Saat Membantu Anda Memasak?

OTHER ARTICLES

Dos dan Don’ts untuk Wujudkan Kulit Sehat dan Cantik

Ketahui Alasan di Balik Aksi Tutup Mulut Anak Anda

Benarkah Flash Card Efektif untuk Bantu Anak Belajar?

7 Pensil Alis Brand Lokal untuk Alis Rapi Memesona

Ini 10 Hal yang Tidak Perlu Dilakukan Wanita Hamil