Mother&Baby Indonesia
Moms Wajib Tahu, 3 Keterampilan Bermain dengan Bayi

Moms Wajib Tahu, 3 Keterampilan Bermain dengan Bayi

Salah satu cara meningkatkan bonding antara Anda dan Si Kecil adalah dengan bermain. Tetapi, banyak Moms yang merasa bahwa newborn atau bayi usia sebulan belum bisa diajak bermain karena belum mampu merespons. Asalkan Anda tahu bagaimana cara mengajarinya, Si Kecil bisa lho, asyik bermain. Yuk, ajak ia bermain dan dapatkan manfaat positifnya.

 

Luiza DeSouza, pakar bayi terkenal di kalangan Hollywood, AS, dan juga penulis buku Eat, Play, Sleep, menjelaskan bahwa bermain merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mendukung perkembangan motorik bayi dan juga koordinasi antara mata dan tangannya.



 

Lebih jauh Luiza menuturkan, menyenangkan hati bayi dan juga diri Anda sendiri melalui aktivitas bermain sebetulnya tidak sesulit yang dikira. Jika merasa Anda belum mampu mengajak newborn bermain, berarti Anda perlu menguasai 3 keterampilan yang harus dimiliki. Menurut Luiza, Anda hanya perlu 3 keterampilan berikut ini untuk bisa mengajak Si Kecil bermain dan bersenang-senang bersama, yakni:

 

• Kesabaran

Akui saja ya, Moms, hal satu ini memang lebih sering kita sarankan ke orang lain daripada kita sendiri yang menerapkan, bukan? Seperti ketika Si Kecil bergeming saja saat Anda menggoyangkan rattle di depan wajahnya, ada kemungkinan Anda langsung menyerah dan frustrasi, lalu enggan mengajaknya kembali bermain.

Kuncinya sederhana, yakni sabar dan ubah perspektif Anda bahwa bermain hanya mengandalkan alat atau benda semata. Padahal bernyanyi ketika menggantikan popok atau memandikan Si Kecil juga merupakan bentuk aktivitas bermain.

“Di usia sebulan, jadikan tummy time di atas playmat sebagai kegiatan reguler untuknya. Yang terpenting juga usahakan selalu melakukan kontak mata dengan Si Kecil saat bermain,” saran Luiza.



 

• Perhatian

Siapa yang menemani Si Kecil bermain sambil menjadikan waktu mengirim e-mail ke klien atau mengecek media sosial di smartphone? Jika dalam hati Anda menjawab ya, hentikan kebiasaan buruk tersebut.

“Bayi Anda perlu perhatian penuh dari ibunya. Jika mengajak Si Kecil bermain, sementara Anda sibuk melakukan aktivitas lain, jangan heran kalau ia tak mau merespons Anda,” ucap Luiza. Ia menambahkan, setiap bayi pada dasarnya berbeda. Namun semakin Anda fokus kepada Si Kecil, Anda akan semakin memahami hal yang diinginkannya.

 

• Keterbukaan

Kunci ketiga yang harus Anda miliki menurut Luiza adalah dengan terbuka pada segala ide yang baru dan tak kaku pada permainan yang sudah ada. Misalnya, memutar lagu klasik ketika Anda memeluk Si Kecil sembari menggoyangnya pelan.

Anda juga bisa menggelitik kaki, pinggang, dan tangannya dengan lembut sambil mengajaknya mengobrol. Bisa juga dengan menunjukkan buku khusus bayi sebagai bentuk permainan sederhana. Anda juga dapat menggambar bentuk-bentuk sederhana seperti awan atau matahari dan menunjukkan gambar-gambar tersebut kepadanya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   newborn,   bermain








Cover Maret 2020