Mother&Baby Indonesia
5 Tips Sehat agar Anak Lancar BAB

5 Tips Sehat agar Anak Lancar BAB

Bayi bisa saja mengalami kesulitan saat buang air besar (BAB). Ini tentu bisa membuatnya tidak nyaman, karena perutnya terasa penuh hingga sakit. Ia pun bisa menangis atau rewel sepanjang hari. Dr. Rika Oktarina Rony, Sp.A, MARS, dari Bethsaida Hospital Gading Serpong, Tangerang, menganjurkan beberapa hal yang harus diperhatikan, agar Si Kecil tidak mengalami kesulitan BAB.

 

1. Beri Kandungan Serat



Bayi usia 6 bulan ke atas sudah bisa menyantap MPASI. Sangat penting bagi Anda untuk memasukkan kandungan serat ke dalam menu harian Si Kecil. “Kacang-kacangan, beras merah, buah-buahan, dan sayuran wajib Anda berikan agar ia tidak sulit BAB,” ujar dr. Rika.

 

2. Makanan Mudah Dicerna

Makanan yang Anda berikan harus mudah dicerna. Dr. Rika menyarankan agar Anda memberikan makanan yang sudah benar-benar lupat kepada Si Kecil, sehingga tak menyulitkan organ pencernaan untuk menyerapnya.

 

3. Variasi Makanan

“Dengan memberikan menu yang bervariasi, bayi akan mengenal beragam jenis makanan dan belajar beradaptasi mengonsumsi makanan padat,” jelas dr. Rika. Jika hari ini Si Kecil makan pure buah, maka besok Anda bisa memberikannya bubur.



Dr. Rika juga mengatakan bahwa pada dasarnya tak ada makanan khusus yang harus dihindari atau dapat melancarkan BAB bayi.

 

4. Susu Formula

Kadar laktosa dan kandungan pada susu formula bermacam-macam. Anda harus mengantisipasi jika Si kecil mengalami intoleransi. Gantilah susu formulanya bila frekuensi BAB mulai tidak wajar.

 

5. Banyak Minum

Salah satu penyebab konstipasi adalah dehidrasi. Perhatikan asupan air putih Si Kecil setiap harinya, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bab,   buang air besar








Cover Januari - Februari 2020