Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Edukasi Psikologi pada Korban Gempa Bumi

Pentingnya Edukasi Psikologi pada Korban Gempa Bumi

Meski saat ini perhelatan Asian Games 2018 membawa nuansa euforia, musibah gempa Lombok tak luput dari perhatian. Seluruh masyarakat Indonesia pun masih berduka dengan gempa bumi tersebut.

 

Bahkan sekitar 2.000 kali getaran ringan dan berat, yang menyebabkan 30.000 rumah hancur sejak 29 Juli 2018 karena peristiwa tersebut. Hal ini pun sangat memengaruhi psikologis dari para korban. Mereka yang sedang merasa takut akan selalu mencari informasi.



 

Sayangnya, informasi tersebut tidak selalu benar atau hoax. Karenanya, dibutuhkan informan yang dapat memberikan berita yang benar untuk membantu korban tetap tenang. Ini salah satu cara dari psycologycal first aid (PFA).

 

Selain itu, tugas dari relawan pun dibutuhkan untuk membantu penyembuhan secara fisik juga psikis dari para korban dewasa dan juga anak-anak. Karena faktanya, ketika para orang tua panik, juga akan berpengaruh pada anaknya sehingga juga ikut merasa tidak tenang.

 

“Selain pendekatan langsung dengan anak-anak seperti bermain atau bernyanyi dengan menyisipkan psiko-edukasi, para relawan juga memberikan pengertian kepada orang tua. Sebab, rasa cemas bisa memengaruhi kondisi emosi dari anak mereka,” jelas Danika Nurkalista, psikolog dari relawan Yayasan Pulih.



Selain bantuan secara psikis, para korban juga membutuhkan bantuan dalam bentuk materi. Ini bisa memenuhi kebutuhan mereka dari pakaian, logistik makanan, juga obat-obatan. Dana tersebut juga bisa digunakan untuk membangun sekolah darurat agar membantu penyembuhan psikologi anak-anak.

 

Sebagai langkah untuk membantu para korban gempa, MRA Media pun mengajak para pendengar radio-radio untuk ikut berpartisipasi. Program 100 Hati untuk Lombok, akan disiarkan secara langsung selama 14 jam pada Jumat, 31 Agustus 2018, sejak pukul 06.00-20.00.

Siaran radio ini dilakukan para jaringan radio Hard Rock FM, Trax Fm, Iradio, Cosmopolitan FM, dan Brava Radio. Pendengar juga bisa mendengarkan siaran secara nasional seperti di Jakarta, Bandung, Bali, dan Banjarmasin. Beberapa public figure pun turut berpartisipasi dalam siaran ini, seperti Dr. Tompi, Dian Sastrowardoyo, juga Abdul and The Coffee Theory.

 

Dan bagi Moms serta Dads yang ingin turut membantu para korban, Anda bisa ikut mengumpulkan donasi yang dikirimkan melalui Bank BCA cabang Kuningan, dengan nomor rekening 217.303.2897 atas nama PT Radio Mustika Abadi. Mari bantu saudara kita untuk mengurangi beban yang ada dan para korban bisa kembali pulih dari rasa duka. (Vonia Lucky/SW/Dok. M&B)



Tags: bantuan,   donasi,   lombok,   gempa bumi










Cover Mei-Juni-Juli 2020