Mother&Baby Indonesia
Saluran Cerna Bayi Jadi Parameter Kesehatannya

Saluran Cerna Bayi Jadi Parameter Kesehatannya

Sama seperti pepatah, “Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”. Maka saluran cerna yang baik juga dapat menandakan kondisi tubuh yang sehat pada anak. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa daya tahan tubuhnya cukup kuat saat beraktivitas.

 

Menurut ahli gizi dan kesehatan, Sari Sunda Bunda, B.Sc, saluran pencernaan merupakan salah satu organ acuan yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan pada anak. Sekitar 80 persen sistem daya tahan tubuh rupanya berasal dari saluran cerna.



 

Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang baik, saluran cerna diharapkan harus terjaga dengan nutrisi yang tepat. Anda bisa memberikan ASI eksklusif sampai usia anak 6 bulan. Sebab, salah satu probiotik dalam ASI, yaitu L reuteri terbukti bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna anak.

 



“Nutrisi yang baik untuk pencernaan tersebut di antaranya vitamin A, C, dan E, yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran,” terang Sari. Kandungan tersebut bisa Anda konsumsi dan diterima Si Kecil melalui ASI.

 

Selain itu, Anda juga bisa memerhatikan frekuensi BAB, khususnya pada bayi baru lahir yang terjadi hingga enam kali sehari dengan konsistensi agak cair. Selain itu, Si Kecil gumoh merupakan hal normal, di mana ini terjadi sampai ia usia 4 bulan yang terjadi minimal 1 kali sehari. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   pencernaan,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020