Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 10 Agustus 2018 / Redaksi

Moms, Batasi Si Kecil Ngedot di Malam Hari

Balita yang menyusu melalui botol berisiko mengalami kerusakan gigi. Drg. Rudy Kurniawan menjelaskan bahwa, saat Si Kecil menyusu sebelum tidur, sisa susu yang ada di dalam mulut akan berubah menjadi asam. Hal tersebut merupakan penyebab terjadinya gigi berlubang hingga karies.

 

“Jika tidak membersihkan gigi sebelum tidur, karies yang terjadi pada gigi anak kelak bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang menyebabkan ia kehilangan selera makan. Selain itu, kebiasaan ngedot atau ngempeng juga dapat menyebabkan bentuk gigi yang tidak baik,” jelasnya.

 

Bayi juga kemungkinan dapat tersedak jika ia minum susu dari botol, karena cairan susu bisa masuk ke paru-paru mereka. Risiko adanya infeksi telinga akibat susu yang mengalir ke rongga telinga juga bisa terjadi.

 

Karenanya, para Moms harus mulai menghindari hal tersebut. Selain menjaga kesehatan, juga keamanan Si Kecil saat tiba waktunya tidur. Dan untuk mengatasinya, batasi bayi untuk konsumsi susu, khususnya saat menggunakan botol pada malam hari. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Ini Alasan Bayi Menyukai Cermin

Ini Sebabnya Bayi Menyukai Anak Kecil Lain

Pekan ASI Sedunia: ASI Sebagai Pondasi Kehidupan



OTHER ARTICLES

Tips Memilih Botol untuk Buah Hati

Waspada! Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak

Bayi Ini Bangunkan Ibunya yang Koma selama 23 Hari

Mengajari Anak Cara Menerima Kekalahan

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan