Mother&Baby Indonesia
Tips Jalin Hubungan Baik dengan Dokter Kandungan

Tips Jalin Hubungan Baik dengan Dokter Kandungan

Dokter kandungan dan bidan adalah orang-orang yang akan sering Anda temui selama masa kehamilan Anda. Mereka adalah orang-orang yang paling berperan dalam menentukan keselamatan dan kesehatan Anda dan Si Kecil sampai saatnya persalinan. Maka Anda sebaiknya memiliki hubungan yang baik agar mereka bisa membantu dengan maksimal. Ini caranya:

 

Beri Kepercayaan



Hubungan yang baik tentu berawal dari kepercayaan. Begitu juga hubungan yang harus Anda bangun dengan dokter kandungan dan bidan. Untuk membangun kepercayaan, sebagai awal, Anda bisa melakukan pencarian dokter kandungan dan bidan dengan teliti dan hati-hati. Mintalah rekomendasi dari teman-teman dan kerabat.

 

Siapkan Pertanyaan

Dokter kandungan atau bidan pasti mengerti jika Anda datang dengan deretan pertanyaan yang panjang, apalagi jika ini adalah kehamilan pertama. Maka, jangan takut untuk menuliskan pertanyaan dan menanyakannya ketika Anda kontrol. Ingatlah untuk tidak hanya berkutat di isu kehamilan saja, Anda juga bisa bertanya tentang perawatan diri Anda dan bayi Anda nanti.

 



Bersikap Terbuka

Di awal pertemuan, dokter kandungan atau bidan akan memberikan banyak pertanyaan detail pada Anda. Jawablah dengan jujur tentang diri Anda, kebiasaan Anda, atau penyakit yang Anda idap. Semakin dalam mereka tahu tentang Anda, maka perawatan yang diberikan akan semakin baik. Terbukalah juga tentang rencana ke depan Anda dengan Si Kecil sehingga mereka bisa memberikan saran yang sesuai.

 

Ambil Keputusan

Dokter kandungan atau bidan akan memberikan saran yang terbaik yang mungkin akan Anda ambil, namun Anda dan suamilah yang akan mengambil keputusan akhir. Kombinasikan pengetahuan Anda dan saran dari dokter kandungan atau bidan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mengambil keputusan. Jika suatu saat Anda berubah pikiran, jangan segan untuk mengatakannya pada mereka. Ingatlah, mereka sahabat Anda dan sahabat akan mendukung apa pun keputusan Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   dokter kandungan,   bidan










Cover Mei-Juni-Juli 2020