Mother&Baby Indonesia
Deteksi Kelainan Genetik sejak Dini

Deteksi Kelainan Genetik sejak Dini

Salah satu kekhawatiran ibu hamil adalah adanya kelainan yang bisa terjadi pada sang buah hati. Terlebih, jika terdapat riwayat kelainan secara genetik di dalam keluarga. Hal tersebut ternyata bisa dideteksi sedini mungkin, bahkan saat janin masih di dalam rahim.

 

Menurut dr. Ardiasjah Dara, Sp.OG, M.Kes, deteksi kelainan genetik ini bisa dilakukan melalui pemeriksaan USG, walaupun terkadang tidak mudah untuk mengetahuinya. Sekarang, ada pemeriksaan melalui darah ibu yang juga bisa mendeteksi kelainan genetik seperti Down Syndrome, yang bisa dilakukan sejak usia kehamilan 10 minggu.



 

Ada pula tes amniocentesis, yang biasanya dilakukan pada kehamilan trimester ke-2. Tes lainnya adalah Chorionic Villus Samling yang disebut lebih akurat untuk mendeteksi ketidaknormalan kromosom.



 

Pencegahan kelainan genetik bisa diminimalkan dengan menjaga gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan tertentu sejak awal kehamilan. Namun, jika kelainan baru bisa diatasi setelah bayi lahir, dokter yang membantu persalinan akan siap untuk memberikan tindakan pasca bayi baru lahir. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   genetik,   kelainan genetik








Cover Januari - Februari 2020