Mother&Baby Indonesia
Diabetes saat Hamil Boleh Suntik Insulin

Diabetes saat Hamil Boleh Suntik Insulin

Moms, diabetes gestasional adalah salah satu penyakit yang harus Anda waspadai ketika hamil. Penyakit ini biasanya terjadi selama kehamilan dan biasanya akan hilang setelah persalinan. Namun jika penyakit ini terjadi pada Anda berulang kali, risiko menderita diabetes tipe 2 pun bisa terjadi.

 

Jika Moms menderita diabetes gestasional saat hamil, maka hal ini pun akan berdampak pula pada janin Anda. Pada Peluncuran Aplikasi “Teman Diabetes” (6/8/2018), Dr. dr. Aris, Sp.PD., KEMD., Ketua PEDI (Perkumpulan Edukator Diabetes Indonesia) mengungkapkan beberapa risiko yang akan terjadi pada janin.



“Pertama, kalau tidak terdeteksi gula darah bayi akan drop, bayi lahirnya besar, kemudian jika hipoglikemi pada waktu lahir tidak terdeteksi bayi berisiko meninggal” jelasnya.



 

Untuk mewaspadainya, Moms harus melakukan pengecekan setiap 3 bulan selama kehamilan, dan menjaga pola hidup. “Makan dijaga, dihitung kebutuhannya tiap bulan karena berbeda (makanannya). Kemudian paling baik insulin, yang berupa human insulin, meskipun belakangan ini penggunaan berbagai insulin sudah bisa digunakan,” ujar dr. Aris. (Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik)



Tags: kehamilan,   diabetes gestasional










Cover Mei-Juni-Juli 2020