Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 9 Agustus 2018 / Redaksi

Kapan Mesti Ganti Dokter Kandungan?

Untuk mendapatkan kondisi kehamilan yang selalu sehat, pastinya Moms harus rajin memeriksakan diri ke dokter kandungan. Pada saat berkonsultasi, tentu Anda berharap mendapat jawaban dan keterangan yang memuaskan dari sang dokter. Namun, jika harapan tersebut meleset, Moms mungkin perlu mempertimbangkan untuk beralih ke dokter kandungan yang lain.

 

Menurut dr. Anne E. Garret, founder The Pre-eclampsia Foundation, Washington, AS, saat hamil, yang Anda butuhkan adalah dokter yang profesional dan cermat mengambil tindakan untuk menyelamatkan jiwa Anda serta janin Anda. Namun ada kalanya dokter kandungan Anda tidak memenuhi kriteria yang Anda harapkan. Berikut ini beberapa hal yang perlu jadi pertimbangan untuk beralih ke dokter kandungan yang lain:

- Komunikasi antara Moms dan dokter kandungan tidak berjalan dengan baik. Menurut dr. Jill Powel dari Saint Louis University School of Medicine, Missouri, AS, idealnya seorang dokter kandungan yang baik adalah yang dengan senang hati selalu meluangkan waktu dalam memberi penjelasan dan informasi yang diperlukan oleh pasiennya.

- Dokter kandungan Anda tidak memberikan waktu dan kesempatan yang cukup buat Anda untuk berdiskusi dan menerangkan kondisi kehamilan Anda berdasarkan hasil pemeriksaanya.

- Dokter Anda tidak mengacuhkan, tidak merespons, atau bersikap seakan-akan tidak mendengar pertanyaan atau perkataan Anda.

- Sang dokter langsung mengalihkan topik pembicaraan saat Anda mengajukan pertanyaan atau keinginan tentang jenis persalinan serta fasilitas rooming-in yang ternyata tidak ada di tempat praktiknya.

- Sang dokter menentukan dan memaksa jenis persalinan yang akan Anda jalani. Menurut dr. Stephanie L. Nicholas dari Magge Women's Hospital, University of Pittsburgh Medical Center, AS, jika kehamilan Anda sehat dan tidak ada faktor yang mempersulit persalinan, Anda sangat bisa memilih jenis persalinan nantinya.

- Dokter Anda tidak mendukung proses persalinan alami yang ingin Anda lakukan. Ia bahkan sangat menyarankan agar Anda melakukan persalinan Caesar tanpa alasan kuat.

- Dokter kandungan Anda terkesan kurang atau bahkan tidak mengikuti perkembangan metode serta hasil riset terkini tentang masalah kehamilan yang Anda hadapi.

- Dokter kandungan Anda tidak bisa mendeteksi kemungkinan terjadinya preeklampsia atau masalah kehamilan lain.

 

Nah, jika Moms mengalami hal-hal tersebut di atas saat berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda, Mungkin Moms perlu mempertimbangkan untuk beralih ke dokter kandungan yang lain, untuk kebaikan dan kesehatan kondisi kehamilan dan janin Anda. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Pentingnya Persiapan Nutrisi Sebelum Kehamilan

Tips Persiapkan Kehamilan yang Sehat

Moms, Yuk Ketahui Tentang Kehamilan Lewat Bulan



OTHER ARTICLES

Fakta-Fakta Seputar Tali Pusat

Kebahagiaan, Kunci Membuat Anak Kuat dan Positif

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Tes Kehamilan

Pola Asuh Orang Tua Millenial: Teman & Drone Parenting

Ini yang Dibutuhkan Bayi di Setahun Pertamanya (1)