Home - Balita - Perawatan Balita / 18 Agustus 2018 / Redaksi

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Saat waktu luang, Anda bisa mengajak Si Kecil untuk melakukan kegiatan bersama. Membaca buku, bermain di dalam atau luar ruangan, dan juga menonton televisi. Tak jarang orangtua juga mengizinkan anaknya memainkan gadget.

 

Hal ini tentu bisa memengaruhi kesehatan mata anak. Sebab, menatap layar televisi atau gadgetterlalu lama dapat menimbulkan dampak buruk, seperti anak yang harus mengenakan kacamata sejak kecil. Untuk itu, perlu adanya tindakan untuk mencegah hal tersebut. Berikut tips yang bisa Moms lakukan:



1. Jagalah jarak mata untuk tidak terlalu dekat setiap kali menonton atau membaca buku agar terhindar dari rabun jauh maupun rabun dekat.

2. Pastikan tangan dalam keadaan bersih setiap menyentuh mata dan hindari menggosok terlalu keras. Obat tetes mata bisa Anda gunakan saat mata terasa terganggu.



3. Makanan sehat atau vitamin yang mengandung vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan ini bisa Anda temui pada wortel, melon, mangga, pepaya, pisang, dan lainnya.

 

Selain itu, Anda sebagai orangtua juga perlu memberikan contoh yang baik dalam menjaga kesehatan mata. Tidak hanya menghindarkan anak dari menatap layar terlalu lama, Anda pun harus bisa mengurangi penggunaan gadget agar Si Kecil juga bisa melakukannya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Tips Memotong Rambut Anak

Atasi Mimisan pada Anak Dengan 3 Cara Ini

Moms, Ini Cara Beritahu Anak Tentang Penyakitnya

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019