Mother&Baby Indonesia
6 Hal Yang Bisa Bantu Anda Hadapi Hari Dengan Semangat

6 Hal Yang Bisa Bantu Anda Hadapi Hari Dengan Semangat

Apa yang Anda lakukan di pagi hari, sangat menentukan keseluruhan hari. Elizabeth Lombardo, Ph.D., psikolog dan penulis buku, juga mengatakan bahwa mengawali pagi dengan baik dapat mengurangi stres. Apa yang sebaiknya Anda lakukan di pagi hari? Mother&Baby Indonesia punya tipsnya untuk Anda:

 

1. No Snooze!



Tahukah Anda, menahan tombol alarm dapat mengurangi produktivitas? Robert S. Rosenberg, Direktur Sleep Disorders Centers of Prescott Valley and Fagstaff, Arizona, AS, berkata bahwa dengan menekan snooze, Anda melakukan 2 hal negatif. Pertama, tidur tambahan yang Anda pikir dapat membuat lebih segar, justru membuat Anda lebih lelah karena kualitasnya tidak baik. Kedua, saat tidur lagi, Anda akan membuat siklus tidur baru yang waktunya tentu tidak cukup.

“Siklus tidur itu 6-8 jam, Anda malah hanya tidur 30 menit atau 1 jam. Ini tentunya bisa membuat mood Anda menjadi kurang baik,” ujar Rosenberg.

2. Sarapan = Penting!

Untuk beraktivitas sepanjang hari, Anda membutuhkan energi dan nutrisi. Profesor Dr. Ir. Hardiansyah, MS, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia menyarankan agar Anda memilih sarapan yang bernutrisi lengkap.

Perhatikan karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin, dan mineral dalam sarapan Anda. “Dengan nutrisi lengkap saat sarapan, Anda akan memiliki energi penuh, sehingga dapat beraktivitas prima,” ungkap Prof. Hardiansyah.

3. Dengarkan Musik

Agar dapat bangun dengan gembira, gantilah nada alarm dengan musik atau lagu yang Anda suka. Ketika mendengar nada tersebut, kemungkinan Anda mengeluh dan menekan tombol snooze lebih sedikit.

Saat bangun tidur, pasanglah musik dengan nada gembira. Penelitian membuktikan bahwa mendengarkan musik dan menyanyi dapat melepaskan endorfin dan oksitosin yang dapat membangkitkan mood.

4. Memotivasi Diri



Saat bangun pagi, lakukanlah hal-hal yang dapat membangkitkan motivasi. Anda bisa berdoa, membaca kitab suci, membaca buku, koran, atau menonton berita di televisi. Anda juga bisa browsing kata-kata dan gambar yang memotivasi seperti di media sosial.

Selain itu, Moms juga bisa menonton video-video lucu di Youtube untuk membangkitkan semangat! Lakukan hal ini sekitar 10-15 menit, sekaligus untuk relaksasi, agar pikiran Anda segar dan siap untuk menjalani hari.

5. Cium dan Peluk

Jika saat bangun tidur Anda merasa pusing dan penat, coba cium dan peluk suami dan Si Kecil. Penelitian di University of North Carolina, AS, menuliskan bahwa cium dan peluk dapat meningkatkan oksitosin, mengurangi stres, dan tekanan darah tinggi, serta mengurangi risiko jantung.

Ketika dipeluk, Anda akan merasa dihargai, diterima, dicintai, dan dipedulikan. dijamin dengan cium dan peluk, hari Anda akan lebih bersinar.

6. Olahraga

Situs Body Building mencatat, olahraga di pagi hari dapat membuat Anda lebih fokus. Tak hanya itu, energi yang Anda dapatkan juga lebih banyak, karena otot tubuh dan hormon Anda bekerja lebih baik di pagi hari.

Olahraga pagi juga dapat membuat tidur malam lebih nyenyak dan bangun pagi lebih segar. Jadi tak hanya lebih fokus sepanjang hari, Anda juga bisa lebih langsing, segar, dan sehat tentunya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   bekerja,   semangat








Cover Januari - Februari 2020