Mother&Baby Indonesia
Tips Agar Anda yang Pemalu Dapat Bekerja Dengan Baik

Tips Agar Anda yang Pemalu Dapat Bekerja Dengan Baik

Setiap orang terlahir dengan kepribadian berbeda-beda. Ada yang pemalu, percaya diri tinggi, terbuka, terlalu tertutup, berani, penakut, dan banyak sifat lainnya. Beberapa sifat kadang menyulitkan seseorang untuk beradaptasi di tempat kerja. Nah, bagaimana agar Anda yang pemalu dapat bekerja dengan baik? Ikuti panduan dari Mother&Baby Indonesia berikut ini.

 

1. Pelajari Lingkungan Sekitar



Di hari pertama bekerja, datanglah ke lokasi lebih awal untuk mengamati bagaimana lingkungan kerja tersebut. Dengan lebih dulu mengamati, rasa gugup dapat berkurang, sehingga Anda lebih siap untuk bertemu rekan kerja dan menyesuaikan diri.

2. Membekali Diri

Pelajari tanggung jawab pekerjaan Anda, cari tahu lebih dalam setiap pekerjaan yang diberikan, persiapkan segala kebutuhan kerja, serta persiapkan topik pembicaraan yang mungkin akan diperbincangkan dalam lingkungan kerja. Membekali diri dengan hal-hal itu akan membuat Anda menjadi karyawan terbaik.

3. Kenali Orang Secara Profesional

Anda yang pemalu mungkin akan sulit mengenal sekaligus banyak orang atau bergabung dalam sebuah kelompok. Mengenal setiap orang secara personal mungkin bisa menjadi cara tepat untuk mulai menambah teman.

Saat berkomunikasi, usahakan untuk berbicara dengan tenang, jelas, dan lakukan kontak mata. Oh ya, jangan lupa minta kontak rekan kerja Anda, ya.



4. Ikut Berkumpul

Waktu makan siang yang santai bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan orang-orang kantor. Bergabunglah makan siang bersama agar yang lain merasakan keberadaan diri Anda di antara rekan-rekan yang lain.

Selama berkumpul, Anda tak perlu ikut banyak bicara. Bukankah dalam sebuah kelompok tetap diperlukan pendengar yang baik?

5. Jadi Diri Sendiri

Di balik sifat yang pemalu pasti ada kelebihan yang Anda miliki. Untuk itu, coba kenali diri dengan baik dan mulailah untuk menghargai diri sendiri. Tunjukkan kemampuan Anda, lalu ciptakan pesona yang lebih baik dengan kelebihan tersebut.

Dalam hal ini, Anda tak perlu mengubah kepribadian. Berbahagialah dengan menjadi diri sendiri. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   bekerja,   ibu bekerja,   karier,   pemalu










Cover Mei-Juni-Juli 2020