Mother&Baby Indonesia
Cara Mudah Cegah Alergi Makanan pada Anak

Cara Mudah Cegah Alergi Makanan pada Anak

Moms, apakah Si Kecil memiliki alergi pada suatu hal? Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan cara untuk mencegah alergi pada anak. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa alergi terhadap suatu makanan justru dapat diatasi dengan mengonsumsi jenis makanan itu sendiri.

 

Menurut Dr.Anthony Fauci, direktur dari National Institute of Allergy and Infectious Diseases, pengenalan kacang lebih awal dapat mencegah pembentukan alergi kacang pada anak. “Pengenalan tersebut dapat dilakukan dengan memberikan makanan yang memiliki kacang, seperti selai kacang atau camilan kacang saat Si Kecil berusia 6 bulan,” ujar Dr. Anthony.



 

Penelitian itu telah terbukti pada 550 balita di Inggris dan dinyatakan dapat melindungi anak dari alergi hingga usia 5 tahun. “Ini juga dapat berlaku pada telur. Namun, hanya bisa dilakukan pada anak yang mendapatkan ASI eksklusif. Jika langsung timbul gangguan kulit, segera hentikan cara tersebut,” tambahnya.



 

Jadi, cara membatasi makanan pada ibu hamil dan menyusui untuk mencegah alergi pada anak sebenarnya tidak diperlukan. Hal tersebut justru bisa berdampak buruk pada kecukupan nutrisi ibu dan bayi. Anda juga tak perlu konsumsi suplemen tambahan saat hamil, karena belum ada fakta medis terkait hal tersebut, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   makanan,   alergi,   anak,   balita