Home - Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 13 Agustus 2018 / Redaksi

Jenis Makanan yang Sehat dan Baik Dikonsumsi Keluarga

Tak hanya Moms, para Dads pun mulai berani menunjukkan bakatnya di bidang memasak. Hal ini dipengaruhi pemahaman para orangtua yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, khususnya dari makanan yang dikonsumsi.

 

Namun, tak hanya memasak menu makanan sendiri untuk menjaga higienitasnya saja. Anda juga perlu melihat bahan yang digunakan atau cara pengolahan makanan agar sehat dan memberi manfaat untuk tumbuh setiap anggota keluarga. Berikut ini adalah beberapa golongan makanan yang tergolong sehat dan bisa Anda berikan pada keluarga, terutama Si Kecil.



Makanan Alami

Ini merupakan makanan yang tidak diproses atau hanya diproses sebentar saja sebelum masuk ke tubuh. Makanan ini juga bebas zat tambahan pengawet, obat-obatan, pemanis buatan, pewarna buatan, serta penyedap tambahan. Makanan alami lebih sehat karena tidak melalui proses berlebihan yang bisa merusak nutrisi di dalamnya.

Makanan Organik

Makanan organik adalah makanan yang dihasilkan dengan standar peternakan dan pertanian organik. Meski standar pertanian organik bervariasi di masing-masing negara, mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu membatasi penggunaan pestisida, pupuk kimiawi, serta bahan pakan kimia. Beberapa penelitian sudah membuktikan jika ternyata makanan organik kaya akan antioksidan yang diperlukan tubuh.

Whole Food



Yang dimaksud dengan whole foodadalah makanan yang tidak melalui proses pengolahan secara industri, sehingga di dalamnya tidak tedapat bahan-bahan kimia.

Makanan Vegetarian

Makanan atau masakan vegetarian adalah yang berasal dari sumber nabati saja. Vegetarian adalah sebutan bagi mereka yang tidak mengonsumsi daging, seperti daging merah, unggas, seafood, dan lainnya.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Academy Nutrition and Dietetics menemukan jika pola makan ini dapat mengurangi risiko tekanan darah dan kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

 

Dengan mengetahui bahan serta cara mengolah yang tepat, Anda pun bisa menyajikan makanan sehat dan bergizi untuk seluruh keluarga. Jangan lupa untuk berolahraga secara rutin juga, agar tubuh semakin bugar dan semangat menjalani aktivitas. Selamat mencoba, Moms dan Dads! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

5 Tips Atasi Nyeri Punggung

Minute Maid Nutriforce Ajak Jaga Gizi Anak Lewat Bekal

Olahraga Bersama Teman Lebih Seru, Ini 4 Alasannya

OTHER ARTICLES

Dos dan Don’ts untuk Wujudkan Kulit Sehat dan Cantik

Ketahui Alasan di Balik Aksi Tutup Mulut Anak Anda

Benarkah Flash Card Efektif untuk Bantu Anak Belajar?

7 Pensil Alis Brand Lokal untuk Alis Rapi Memesona

Ini 10 Hal yang Tidak Perlu Dilakukan Wanita Hamil