Mother&Baby Indonesia
Aturan Bermain Gadget untuk Anak ala Cynthia Lamusu

Aturan Bermain Gadget untuk Anak ala Cynthia Lamusu

Menjadi orang tua yang membesarkan anak di era modern saat ini tentunya menghadapi tantangan tersendiri. Salah satunya adalah keinginan anak untuk memainkan gadget sepertismartphone atau menonton televisi.

 

Ini juga yang dihadapi pasangan Cynthia Lamusu dan Surya Saputra. Meskipun tidak terlalu menentang penggunaan gadget, pasangan ini tentu khawatir dengan kesehatan dan tumbuh kembang Si Kembar, Tatjana dan Bima, jika terlalu sering memainkan smartphone atau menonton TV.



 

Karena hal ini, Cynthia pun membuat aturan tersendiri dalam penggunaan gadget untuk kedua anaknya. Melalui akun Instagram anaknya, @tatjanadanbima, penyanyi yang tergabung dalam grup Be3 ini berbagi aturan yang ia dan Surya Saputra buat tersebut.

 

“Kami memang akhirnya sedikit bertoleransi untuk anak-anak membolehkan mereka menonton tontonan favorit mereka dari TV atau HP papa-mamanya. Tapi dengan aturan yg kami buat sendiri," ujar Cynthia. Ini aturan-aturan menggunakan gadget bagi kedua anak mereka yang diterapkan oleh pasangan tersebut.

1. Boleh menonton dari gadget kalau situasi memang betul-betul diperlukan atau sebagai reward jika anak melakukan sebuah prestasi (mau mandi, makannya pintar, minum susu habis, atau saat makan atau minum jika mereka lagi GTM)

2. Setiap menonton tidak lebih dari 15-20 menit (setelah menonton langsung ajak beraktivitas lagi, seperti membaca buku, bermain, dan lain-lain)

3. Setiap menonton (TV atau smartphone) HARUS ditemani (tidak boleh sendiri) dengan orang dewasa. Tujuannya supaya anak tetap bisa berinteraksi dan kita ajak mereka komunikasi dari apa yang mereka tonton itu.

4. Setiap menonton harus jadi bagian dari PROSES BELAJAR. Apa yang ditonton harus dipilih yang ‘bermanfaat’ untuk anak. Misalnya video lagu-lagu tentang belajar angka, huruf, dan lain-lain.



 

"ANAK GA BOLEH MAIN GADGET !!" . . Sudah sering kami membaca dan mendengar pernyataan ini. Jujur... untuk kami sebagai orang tua baru yang melahirkan anak anak di era "Jaman Now" kayak nya susah juga yaaa kalau Alergi banget sama Gadget. Kami tau setiap Orang tua punya cara masing masing dalam merawat dan mendidik anak nya. Jadi nya kami pun punya Trik sendiri menyikapi "si Gadget utk anak ini". Gak Alergi Alergi Banget, Kami memang akhirnya sedikit bertoleransi utk anak anak membolehkan mereka nonton tontonan favoritnya mereka dari Tv atau Hp papa mama nya tapi... dengan Aturan yg kami buat sendiri ???? >>>> 1. Boleh nonton dari Gadget Kalau situasi memang betul betul di perlukan atau sebagai Reward kalau anak melakukan sebuah Prestasi. (Mau mandi,makan nya pintar, minum susu habis, atau saat makan/minum kalau mereka lagi GTM ????) 2. Setiap nonton ga lebih dari 15-20 menit. (Habis nonton langsung ajak Beraktivitas lagi. Baca buku, bermain dll) 3.Setiap Nonton HARUS di temani (ga boleh sendiri) sama orang dewasa. Tujuannya untuk supaya anak tetap bisa Berinteraksi dan kita ajak mereka komunikasi dari apa yg mereka tonton itu. 4. Setiap Nonton Harus jadi bagian dari PROSES BELAJAR. Apa yang di tonton harus di pilih yang "Bermanfaat" untuk anak. Misalnya Video Lagu lagu tentang belajar Angka, Huruf dll. . Alhamdulillah #tatjanadanbima Mulai Belajar Berhitung sejak mereka mulai menikmati Lagu Lagu yang mereka Tonton dari Hp papa mama nya. Pola komunikasi dan Interaksi "Bermain sambil Belajar" mereka dapatkan juga pada saat mereka nonton Gadget juga (selain belajar dari Media lain seperti Buku, mainan dll). . Jadi menurut kami... bagaimana menghadapi si Gadget jaman now saat ini untuk anak anak kita, InshaAllah bisa jadi bermanfaat juga Asal.... Di sikapi dengan Bijaksana dengan Membuat Peraturan" dan Batasan ala si Orangtua nya masing masing ???? . . Ada yang mau berbagi pengalaman nya bagaimana menghadapi si Gadget ini... ? . . #tatjanadanbima #tatjanabelajarBerhitung #SharingMamaThia #parenting #Parentingalamamathia #AnakMainGadget

A post shared by TatjanadanBima Official (@tatjanadanbima) on

Setelah menerapkan aturan tersebut, Cynthia mengaku kedua anaknya mengalami perkembangan. Tatjana dan Bima sudah mulai belajar berhitung sambil menikmati lagu-lagu yang diputar di gadget orang tuanya.

 

Pemilihan permainan yang tetap memerlukan interaksi pun dirasa tepat untuk menstimulasi kemampuan komunikasi Si Kembar. Maka, terbukti bahwa penggunaan gadget yang bijak bisa membantu perkembangan anak menjadi lebih baik.

 

“Jadi menurut kami, bagaimana menghadapi si gadget zaman now saat ini untuk anak-anak kita, Insya Allah bisa jadi bermanfaat juga. Asal, disikapi dengan bijaksana dengan membuat peraturan dan batasan ala orang tua masing-masing,” tambah Cynthia.

 

Nah, kalau Moms dan Dads, apakah juga memiliki aturan penggunaan gadget pada anak? (Vonia Lucky/SW/Dok. Instagram @cynthia_lamusu)



Tags: keluarga,   berita,   selebriti,   cynthia lamusu,   surya saputra,   tatjana,   bima,   gadget










Cover Mei-Juni-Juli 2020