Mother&Baby Indonesia
Eksplorasi Musik Seru Putra Andien

Eksplorasi Musik Seru Putra Andien

Setiap anak memiliki ketertarikan akan sesuatu, dan ini akan memaksimalkan perkembangan otak mereka. Musik menjadi salah satu hal yang bisa memicu Si Kecil bereksplorasi di usia emasnya. Keterampilan musik memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan Si Kecil, seperti membantu mengingat informasi, membantunya fokus, dan mengembangkan emosi positif.

 

Bagi penyanyi Andini Aisyah Haryadi yang lebih dikenal dengan nama Andien, musik juga menjadi sarana dalam membantu memaksimalkan potensi tumbuh kembang buah hatinya, Kawa (1,5). Dalam aktivitas Kawa sehari-hari, Andien mengaku bahwa Si Kecil sangat senang memainkan alat musik. Ia gemar bermain ukulele, pukul-pukul meja, dan bernyanyi. Meskipun suaranya belum jelas, tapi Andien percaya itu adalah bagian dari eksplorasi Kawa dalam tumbuh kembangnya.



 

Nah, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional beberapa waktu lalu, Andien membuat sebuah project berkolaborasi dengan Studio Nada dan Shoemaker Studio yang memperlihatkan Kawa bereksplorasi dengan alat-alat musik sambil direkam. Hasil rekaman tersebut kemudian di-sampling dan diolah menjadi sebuah komposisi. Videonya diunggah ke akun Youtube Andien Aisyah.

 

Saat ditemui tim Mother&Baby Indonesia, Andien bercerita bahwa ide project tersebut berawal dari Sarah Diorita, istri musisi Eross Candra, personil grup musik Sheila On 7. “Sarah usul jika Kawa sudah bisa bubbling(mengoceh), coba ajak ke studio dan direkam suaranya. Dia juga nunjukin video anaknya, Pitu, yang direkam dan dibuatkan musik oleh Eross,” cerita Andien.

 

Andien kemudian bertemu dengan salah seorang temannya, pemilik Studio Nada. Studio Nada sendiri merupakan wadah pendidikan anak usia dini yang mendukung para orangtua mendampingi anak-anak dalam proses eksplorasi mereka, serta berkomunikasi melalui media musik. “Kita ngobrol tentang pentingnya musik untuk tumbuh kembang anak, bahwa musik merupakan stimulasi yang penting buat anak, dan bagaimana menumbuhkan sense of music pada anak.”

 



Mereka berdua akhirnya sepakat membuat suatu project untuk Hari Anak Nasional pada tanggal 23 Juli lalu. Bekerja sama dengan Studio Nada dan Shoemaker Studio, mereka menyediakan sebuah studio, ruang untuk Kawa bermain. “Di dalamnya ada gitar, piano, drum, dan alat synthesizer kecil. Jadi Kawa bebas untuk memainkan semua alat tersebut dan kita rekam suara dan aktivitasnya selama di dalam studio, sementara aku dan suami mendampingi. Setelah itu, semua alat musik yang dimainkan kawa di-sampling dan diolah menjadi sebuah komposisi,” ungkap Andien.

 

Menurut Andien, pesan yang ingin disampaikan dalam project ini adalah meskipun anak-anak terlihat melakukan sesuatu secara asal, sebenarnya mereka sedang mencoba untuk mengeksplorasi dan mencari tahu segala sesuatu. Sedangkan tugas kita sebagai orangtua adalah mendampingi dan memaknai setiap proses eksplorasi anak sehingga menjadi berarti. Andien dan kawan-kawannya juga ingin agar semua orang tahu bahwa jika sense of music anak digali dan dikembangkan, itu akan sangat membantu dalam tumbuh kembang mereka karena musik adalah bahasa universal dan stimulasi yang sangat baik untuk anak.

 

Ternyata banyak orangtua, terutama mereka yang memiliki bayi, sangat menyukai video Youtube yang diunggah oleh Andien tersebut. Melalui video ini, Andien berharap semoga anak-anak Indonesia tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, mandiri, berbudi baik, dan bahagia.

 

Moms dan Dads bisa simak keseruan Kawa yang sedang bermain alat musik dan direkam serta diolah menjadi sebuah komposisi itu lewat video Youtube Andien Aisyah berjudul MUSIK ELEKTRONIKAW by Studio Nada x Kawa x Shoemaker. (Susanto Wibowo/Dok. Instagram @andienaisyah)



Tags: balita,   musik








Cover Januari - Februari 2020