Mother&Baby Indonesia
Tips Mengatasi Memar pada Anak

Tips Mengatasi Memar pada Anak

Ketika Si Kecil sedang bermain, mungkin ia tak sengaja terbentur hingga menimbulkan memar pada tubuhnya. Memar ini memang tidak langsung terasa sakit, namun dapat membuatnya tidak nyaman ketika bagian tersebut tertekan.

 

Jika Anak mengalami memar dan tidak luka, segera kompres dengan es selama 10 menit untuk menghindari pembengkakan. Selain es, Anda bisa menggunakan alat kompres siap pakai yang tersedia di apotek.



 

Biru memar terjadi karena adanya pendarahan di bawah lapisan kulit. Karena itu, berikan Si Kecil obat khusus untuk mengatasi lebam, memar, maupun bengkak agar pendarahan lebih cepat diserap tubuh. Oleskan secara perlahan tanpa menekannya ya, Moms.

 

Namun, saat memar muncul tanpa sebab, Anda perlu mewaspadainya sebagai gejala Immune Thrombocytopenic Purpura (ITP). Ini merupakan suatu kelainan darah yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh manusia.



 

Pada penyakit ini terjadi kelainan pada sel pembekuan darah atau trombosit yang jumlahnya menurun drastis hingga timbul pendarahan. Saat trombosit normal balita berkisar 150-450 ribu per kilometer darah, penderita ITP hanya memiliki trombosit 20-25 ribu per kilometer darah.

 

Jika kondisi memar yang kepanjangan ini disertai dengan keluhan pusing dan mual pada Si Kecil, Anda bisa membawanya ke dokter anak untuk diperiksa lebih lanjut. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   memar








Cover Maret 2020