Mother&Baby Indonesia
Setelah Implan Payudara, Amankah Menyusui?

Setelah Implan Payudara, Amankah Menyusui?

Bagi Anda wanita yang pernah melakukan implan payudara, tentunya saat hamil kerap muncul pertanyaan, apakah nanti Anda bisa tetap menyusui Si Kecil dengan aman.

 

Menurut dr. Rouli Nababan Sp.A, wanita yang melakukan implan payudara tetap bisa memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Semua ibu pada dasarnya dapat menyusui termasuk ibu yang pernah menjalani operasi plastik atau implantasi payudara, asalkan saat operasi dilakukan, dokter bedah tidak mengutak-atik bagian areola. Implan payudara umumnya ditempatkan di bawah kelenjar susu atau otot payudara. Posisi ini berbeda dengan jaringan atau kelenjar susu, sehingga tidak memengaruhi produksi ASI.



 

Implan payudara sendiri juga tidak berpengaruh pada kualitas ASI. Akan tetapi, nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu menyusuilah yang memengaruhi kualitasnya. Jika asupan nutrisinya bagus, maka kualitas ASI ibu pun akan baik.



 

Masalah baru akan muncul jika tejadi infeksi atau kantung implan yang berisi silikon gel bocor. Jika itu terjadi, pemberian ASI tentu saja dapat membahayakan bayi. Karenanya, agar Anda bisa menyusui dengan nyaman dan aman, sebaiknya implan diangkat dan konsultasikan hal ini dengan dokter ahli bedah plastik. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: menyusui,   payudara,   implan payudara