Mother&Baby Indonesia
Kondisi Kesehatan bisa Dilihat dari Kuku

Kondisi Kesehatan bisa Dilihat dari Kuku

Kuku ternyata bisa memberikan gambaran kondisi kesehatan seseorang. Menurut dr. Tamara Lior, MD, spesialis kulit dari Cleveland Skin Clinic, Florida, AS, warna kuku, bentuk permukaan maupun kondisi kuku secara keseluruhan, dapat menjadi indikasi adanya gangguan fungsi organ tubuh.

Dr. Lior menjelaskan bahwa kuku yang sehat berwarna merah muda. Adanya perubahan pada penampilan kuku dapat menjadi tanda bagi adanya penyakit kuku, seperti infeksi jamur, atau bisa juga disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah di daerah bantalan kuku atau di bawah lempengan kuku. Contohnya, saat kita kedinginan atau terlalu lama berenang, hal ini menyebabkan pembuluh darah di bantalan kuku menciut sehingga aliran darah berkurang dan kuku menjadi kebiruan.

Tidak hanya itu, ia juga menyebutkan bahwa penyakit-penyakit serius seperti lupus, anemia, hepatitis, penyakit paru-paru kronis, dan gangguan fungsi jantung, juga dapat diketahui gejalanya lewat penampilan kuku.

 



Kondisi Kuku Ibu Hamil

Sementara itu, pada ibu hamil, Joshua Fox, MD, Direktur American Academy of Dermatology, AS, mengatakan bahwa penampilan kuku di masa kehamilan dapat menjadi alarm untuk mendeteksi kekurangan zat gizi tertentu pada tubuh. Dengan begitu, Anda bisa segera mengantisipasinya agar tidak berdampak serius terhadap tumbuh kembang janin.

Cek kuku merupakan bagian dari pemeriksaan head to toe dalam pemeriksaan kehamilan. Hal ini dilakukan oleh dokter untuk mendeteksi adanya penyakit atau kekurangan zat gizi pada ibu hamil. Sebaiknya Moms waspada jika kuku Anda termasuk ke salah satu kondisi ini:

- Kedua ujung kuku pucat atau melengkung ke luar. Moms kemungkinan menderita anemia, kekurangan zat besi (Fe), vitamin C, asam folat, dan protein.

- Kuku berubah menjadi lunak dan mudah patah. Moms kemungkinan mengalami kekurangan kalsium (Ca).



- Kuku berwarna gelap. Ini adalah tanda awal kekurangan vitamin B12.

- Terlihat garis putih kecil pada lempengan kuku. Ini adalah tanda awal dari kekurangan zinc.

- Bantalan kuku kering, rapuh, dan mudah patah. Ini adalah tanda awal gangguan tiroid.

- Kuku kuning dengan guratan kuning tua di dasarnya. Ini adalah tanda dari gejala diabetes atau indikasi gangguan hati atau hepatitis, yang disebabkan adanya gangguan bilirubin pada jaringan kulit.

- Permukaan kuku menggelembung ke atas disertai warna pucat. Ini adalah tanda dari kekurangan oksigen di darah atau tanda awal gangguan fungsi paru-paru.

- Kuku sangat tebal. Ini adalah tanda ada gangguan sirkulasi. Penyebabnya bisa berbagai jenis penyakit yang mengakibatkan terhambatnya aliran dari ke jaringan-jaringan tubuh, atau kerusakan pembuluh darah tepi. Contoh, penyakit diabetes, penyakit paru-paru kronis, dan kelainan darah. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   kuku








Cover Januari - Februari 2020