Mother&Baby Indonesia
Pekan ASI Sedunia dan Manfaat ASI Untuk Anak

Pekan ASI Sedunia dan Manfaat ASI Untuk Anak

Moms, pernah mendengar tentang istilah Pekan ASI Sedunia? Minggu pertama bulan Agustus menjadi peringatan terhadap pentingnya Air Susu Ibu (ASI). World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) meluncurkan Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week) yang berlangsung setiap tanggal 1-7 Agustus. Peringatan ini bertujuan untuk mendorong pemberian ASI, memberikan informasi mengenai ASI, serta manfaatnya untuk anak tumbuh sebagai generasi yang sehat dan cerdas. Peringatan ini juga dilakukan sebagai aksi untuk mengajak semua pihak berperan serta dalam mendukung ibu menyusui.

 

Anda pastinya sudah sangat paham bahwa ASI sangat bermanfaat bagi buah hati Anda. Tapi, tahukah Anda kalau manfaatnya berubah seiring usia Si Kecil? ASI untuk newborn atau baru lahir memiliki manfaat berbeda dibandingkan ASI untuk anak usia 1 tahun. Ini manfaat ASI bagi Si Kecil dari waktu ke waktu. Berikut ini penjelasan manfaat ASI untuk bayi sejak lahir hingga usia 2 tahun.



 

Hari Pertama

Bayi Anda akan mendapatkan kolostrum pada hari pertama kelahirannya. Kolostrum mengandung protein, vitamin A yang tinggi serta mengandung karbohidrat dan lemak rendah, sehingga sesuai dengan kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama kelahiran.

 

1 Bulan

Manfaat selama sebulan bila Anda memberikan ASI adalah bayi Anda kemungkinan kecil mengalami alergi, diare, hingga infeksi telinga di kemudian hari. Selama waktu tersebut, ASI akan keluar lebih banyak dibandingkan hari pertama karena sesuai dengan kebutuhan Si Kecil.

 

3 Bulan

ASI yang diberikan selama 3 bulan penuh dapat menurunkan risiko terkena diabetes sebesar 27%. Tidak hanya itu, jika dalam keluarga memiliki riwayat penyakit asma, kurang dari 40% kemungkinan Si Kecil mewarisi asma.

 

6 Bulan

Tanpa menambahkan minuman lain selain ASI, Anda berhasil memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya. Selama waktu tersebut, saluran usus Si kecil mulai memproduksi antibodi yang melindunginya dari protein asing atau alergen yang dapat menyebabkan alergi pada anak. Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan terbukti memiliki efek perlindungan terhadap banyak penyakit, termasuk kanker. Pada usia 6 bulan ini, perkenalkan makanan pendamping ASI untuk, Moms.

 



9 Bulan

Meskipun Si Kecil sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI, kebutuhan akan air susu ibu tetap yang utama. ASI hingga usia 9 bulan ini dapat meningkatkan intelektualitas Si Kecil lebih tinggi dibandingkan dengan bayi tanpa ASI.

 

12 Bulan

Si Kecil akan menerima manfaat kesehatan yang berlangsung seumur hidup. Selain itu, juga menurunkan risiko kolesterol tinggi saat dewasa nanti. Manfaat menyusui juga tidak hanya dirasakan oleh Si Kecil. Anda pun dapat berhemat karena tidak perlu susu tambahan yang harus dibeli untuk Si Kecil.

 

18 Bulan

Skin-to-skin contact yang selalu Anda lakukan saat menyusui membuat produksi hormon stres pada Si Kecil berkurang dan sistem kekebalan tubuhnya menguat pada usia 18 bulan ini. Si Kecil juga akan memiliki ikatan yang kuat dengan Anda karena seringnya skin-to-skin contact tersebut.

 

2 Tahun

Semakin lama Anda menyusui, sistem kekebalan tubuhnya semakin baik. Anda menyediakan antibodi dan zat pelindung lainnya selama Si Kecil terus menyusui. Penelitian menunjukkan bahwa semakin lama seorang bayi menyusui, semakin tinggi kecerdasannya. Manfaat juga dapat Anda rasakan, menyusui jangka panjang dapat menurunkan risiko kanker payudara dan osteoporosis.

 

Selamat merayakan Pekan ASI Sedunia dan selalu menyusui bayi Anda hingga usia Si Kecil 2 tahun ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: pekan asi sedunia,   manfaat asi,   air susu ibu