Mother&Baby Indonesia
Stres Tingkatkan Risiko Berat Badan Lahir Rendah

Stres Tingkatkan Risiko Berat Badan Lahir Rendah

Bila Anda merencanakan kehamilan atau sedang hamil, hindari stres mulai sekarang. Pasalnya, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology, stres sebelum dan selama hamil dapat menyebabkan Anda melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

 

BBLR tidak boleh dianggap enteng, karena dapat mengakibatkan kematian. Kondisi stres sendiri membuat tubuh Anda mengeluarkan hormon kortisol. Semakin sering Anda mengalami stres, kadar kortisol dalam tubuh akan semakin meningkat.



 

Kortisol yang tinggi dapat memengaruhi aktivitas sistem peredaran darah janin dan menyebabkan kurangnya oksigen dan nutrisi pada janin. Inilah yang menyebabkan bayi lahir dengan berat kurang dari 2.500 gr atau BBLR.

 



Di Amerika Serikat, lebih dari 300.000 bayi lahir dengan BBLR. Banyak bayi yang meninggal dunia atau mengalami kelainan kesehatan, seperti gangguan metabolisme jantung. Di Indonesia, BBLR juga masih menjadi masalah utama.

 

Selain stres, Anda juga perlu memerhatikan nutrisi yang masuk ke dalam perut dan asupan janin dalam kandungan. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan tubuh Anda agar tetap prima selama masa kehamilan. Jadi, jangan stres lagi ya, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   bayi,   anak,   berat badan lahir rendah










Cover Mei-Juni-Juli 2020