Mother&Baby Indonesia
Kegiatan Menyenangkan Ayah Bersama Batita (3)

Kegiatan Menyenangkan Ayah Bersama Batita (3)

Bermain menjadi salah satu kegiatan yang termasuk ‘wajib’ di usia anak-anak. Khususnya saat mereka berusia 1-3 tahun, bermain menjadi sarana untuknya bereksplorasi. Kira-kira apa saja jenis permainan yang bisa Anda lakukan bersama Si Kecil? Berikut daftar rekomendasi dari M&B, Dads.

 

- Mengenalkan Bentuk dan Tekstur



Cara sederhana untuk mengenalkan bentuk dan tekstur kepada Si Kecil adalah mengajaknya belajar tentang buah-buahan. Anda bisa memilih berbagai macam buah yang tentunya memiliki tekstur dan bentuk berbeda, seperti pisang, apel, durian, atau anggur.

Tunjuk satu-persatu buah kepada Si Kecil, misalnya pisang. Bentuknya panjang dan keras di luar, tetapi saat dimakan tekstur yang terasa adalah lembut. Atau tanyakan kepadanya tentang durian, yang berbentuk bulat, berduri, namun isinya berbeda dari bentuk luar.

Anda bisa melakukan permainan ini setiap hari terutama saat Si Kecil sudah bisa mengonsumsi buah. Minta Si Kecil untuk mencicipi buah tersebut dan tanyakan bagaimana rasanya. Selain mengenal bentuk dan tekstur, Si Kecil juga bisa belajar tentang rasa.

Bisa dijamin Si Kecil akan terbiasa dan menyukai buah-buahan, serta dapat mengasah pengetahuan dan kemampuan bahasanya.

- Mengenal Ekspresi Wajah

Kumpulkan beberapa majalah, foto, atau gambar orang dengan berbagai macam ekspresi. Ajak Si Kecil duduk santai bersama membuka majalah atau melihat gambar. Kemudian, perlihatkan ekspresi wajah setiap orang di dalam majalah tersebut.

Tanyakan kepadanya mengenai ekspresi orang tersebut. Jika ekspresi wajahnya bahagia, ajak anak untuk melakukan ekspresi bahagia bersama-sama. Begitu juga saat ekspresi wajah lain, seperti sedih, kaget, atau tertawa muncul.

Lewat aktivitas sederhana ini, Si Kecil dapat melatih kemampuan otaknya dalam mengenali setiap ekspresi yang berbeda-beda.



- Mengenal Binatang

Sebelum Si Kecil benar-benar melihat berbagai jenis binatang secara nyata di kebun binatang, ada baiknya Dads mengenalkan jenis-jenis binatang melalui flashcard. Perlihatkan beberapa gambar binatang kepada Si Kecil dan sebutkan namanya. Minta ia mengulangi ucapan Anda atau menirukan suara binatang tersebut.

Setelah ia melihat semua gambar binatang, minta ia untuk menebak nama binatang pada flashcard yang Anda perlihatkan. Lakukan secara perlahan dan menyenangkan, agar Si Kecil tidak merasa bosan.

Lewat permainan ini, selain Si Kecil dapat mengenal lebih banyak binatang, juga dapat mengasah kemampuan kognitif dan bahasanya. Jangan lupa menanamkan rasa sayangnya kepada binatang ya, Dads!

- Menghitung Anak Tangga

Saat menuntun Si Kecil naik atau turun tangga, hitung anak tangga bersama-sama. Ucapkan setiap angka dengan keras dan minta Si Kecil mengikuti ucapan Anda. Jika ia sudah mampu menghitung angka 1 hingga 10 sendiri, lanjutkan dengan angka 11 dan seterusnya.

Tidak hanya menghitung tangga, Anda juga bisa mengajak Si Kecil bermain di taman dan menghitung benda-benda yang ditemuinya, misalnya daun, batu ataupun orang lain. Selain menghitung, ajak anak untuk melambangkan setiap angka dengan menggunakan jarinya.

Dengan melakukan permainan ini, selain dapat merangsang kecerdasan matematika Si Kecil, juga melatih kemampuan bahasa serta bisa mempererat hubungan harmonis antara ayah dan anak. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   informasi untuk ayah,   balita,   kegiatan,   bonding








Related Article