Mother&Baby Indonesia
Kegiatan Menyenangkan Ayah Bersama Batita (2)

Kegiatan Menyenangkan Ayah Bersama Batita (2)

Bermain menjadi salah satu kegiatan yang termasuk ‘wajib’ di usia anak-anak. Khususnya saat mereka berusia 1-3 tahun, bermain menjadi sarana untuk Si Kecil bereksplorasi. Kira-kira apa saja jenis permainan yang bisa Anda lakukan bersama Si Kecil? Berikut daftar rekomendasi dari M&B, Dads.

 

- Menempel Magnet



Sediakan beberapa bahan seperti magnet dan benda-benda yang terbuat dari logam dan benda-benda non logam. Minta Si Kecil untuk menempelkan magnet ke benda-benda tersebut, seperti sendok, baju, kertas, pintu, gagang pintu, dan lain-lain.

Tanyakan kepadanya benda apa saja yang bisa menempel pada magnet dan benda mana saja yang tidak. Jelaskan dengan sederhana kepada Si Kecil bahwa magnet hanya bisa menempel pada benda-benda yang terbuat dari logam. Sedangkan magnet tidak menempel pada benda yang terbuat dari kayu, karet, maupun kertas.

Lewat aktivitas ini, Si Kecil telah belajar sains sederhana sejak dini. Dan saat ia bertambah dewasa, mungkin ia akan ingat jika dari Sang Ayah ia mengenal sains pertama kali.

- Membuat Perahu Spons

Sediakan bahan-bahan, seperti spons cuci piring, baskom, kertas warna, stik es krim, gunting atau cutter, dan lem. Bantu Si Kecil untuk membuat garis di tengah spons dengan cutter dan membuat layar dari kertas. Kemudian, buat segaris lubang di bagian atas dan bawah layar dengan cutter, untuk tempat masuknya stik es krim.

Minta Si Kecil memasukkan stik es krim ke layar dan beri lem untuk merekatkan, kemudian tancapkan stik pada lubang spons. Letakkan spons ke dalam baskom berisi air dan biarkan mengapung.



Untuk membuat perbedaan antara mengapung dan melayang, basahi spons dengan air sehingga sebagian spons akan terendam air. Lewat keterampilan ini, Si Kecil dapat mengetahui cara membuat perahu, serta mengenal konsep mengapung dan melayang.

- Berkemah

Siapkan tempat nyaman dan menarik, kemudian ajak anak untuk berkemah di belakang rumah. Pasanglah tenda bersama-sama. Buatlah latar cerita bahwa Anda dan Si Kecil tengah berkemah di tengah hutan untuk mencari harta karun yang sebelumnya sudah Anda sembunyikan. Buat juga petunjuk untuk menemukan harta tersebut.

Saat malam hari, nyalakan api unggun agar Si Kecil dapat merasakan kegiatan berkemah yang sesungguhnya. Anda dapat membacakan cerita kepada Si Kecil, mendengar binatang malam, serta melihat bulan dan bintang di langit. Melalui kegiatan berkemah, selain meningkatkan bonding, Si Kecil juga dapat belajar mencintai alam yang ditinggalinya.

- Berpetualang di Supermarket

Ajak Si Kecil saat Anda berbelanja bahan makanan di supermarket. Dan saat Anda memasukkan benda ke dalam troli, minta Si Kecil untuk menyebutkan nama dan warnanya. Jangan lupa untuk memasukkan bahan makanan dengan warna berbeda ya, Dads.

Misalnya, masukkan pisang untuk warna kuning, bawang merah untuk warna ungu, bawang putih, sayuran hijau, dan jeruk untuk warna oranye. Tanyakan kepada Si Kecil nama setiap benda dan warnanya masing-masing. Anda juga bisa menambahkan keguanaan bahan-bahan makanan tersebut. Lakukan hal ini setiap kali Anda berbelanja dengan Si Kecil, ya! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   informasi untuk ayah,   balita,   kegiatan,   bonding










Cover April 2020