Mother&Baby Indonesia
Kegiatan Menyenangkan Ayah bersama Batita (1)

Kegiatan Menyenangkan Ayah bersama Batita (1)

Bermain menjadi salah satu kegiatan yang termasuk ‘wajib’ di usia anak-anak. Khususnya saat mereka berusia 1-3 tahun, bermain menjadi sarana untuk Si Kecil bereksplorasi. Kira-kira apa saja jenis permainan yang bisa Anda lakukan bersama Si Kecil? Berikut daftar rekomendasi dari M&B, Dads.

 

 



- Senam

Di pagi hari saat Si Kecil bangun tidur, ajak ia ke taman belakang rumah untuk melakukan senam sederhana. Minta ia untuk berdiri sedikit agak di belakang Anda dan beritahukan, agar ia mengikuti gerakan Anda.

Setelahnya, Anda bisa melakukan gerakan bebas, misalnya naikkan tangan ke atas, menoleh ke kiri ataupun kanan dengan menghitung gerakannya. Agar tidak membosankan, Anda bisa menyetel musik dan ajak ia menari. Tidak perlu melakukan gerakan yang sulit agar Si Kecil tidak mudah lelah.

Mengajak anak senam setiap pagi akan membuatnya menjadi bugar dan merasakan kedekatan dengan Anda. Usahakan lakukan kegiatan ini setiap pagi ya, Dads. Anda dan Si Kecil bisa melakukan gerakan yang berbeda, agar tidak membosankan dan menjadi lebih semangat.

- Memukul Drum



Biasanya, di usia batita, Si Kecil suka sekali memukul sesuatu di sekitarnya sehingga menimbulkan bunyi. Dan hal tersebut merupakan awal yang tepat untuk mengenalkan alat musik pukul atau tabuh kepadanya.

Dads bisa memulainya dari alat sederhana, misalnya dengan memberikan Si Kecil sendok dan ember untuk dipukul. Pandu agar ia membunyikannya sesuai irama. Anda juga bisa langsung mengenalkannya dengan drum mini. Akan terasa menyenangkan jika ia memukul tom-tom dan simbal yang menghasilkan bunyi yang berbeda.

Dari kesenangannya memukul drum, pada akhirnya ia bisa mengenal ritme. Agar semakin ceria, putarkan lagu kesukaannya yang akrab di telinganya. Ia pasti secara otomatis akan menyesuaikan gerakan. Selain melatih musical sense Si Kecil, bermain drum juga bisa mengasah koordinasi tangannya.

Bersepeda

Di usia 3 tahun, Si Kecil sudah mahir mengendarai sepeda roda 3, Dads! Ajak ia bermain di dalam rumah atau taman, sambil berpura-pura mengejarnya dari belakang. Jika ia mulai bosan, cobalah mengajaknya bersepeda. Jangan lupa untuk memakai pelindung lutut, siku, dan helm, ya!

Bersepeda juga membuat Si Kecil lebih akrab dengan lingkungan sekitar. Namun perlu diingat, Dads, pilihlah jalan yang aman, tidak berbatu, dan bebas kendaraan bermotor. Siagalah selalu saat di luar rumah. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   informasi untuk ayah,   balita,   kegiatan,   bonding








Cover Januari - Februari 2020